Rusia Kerahkan Jet Tempur Cegat Pesawat Pengebom AS di Laut Hitam

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 18:35 WIB
AS terbangkan pesawat pengebom B-1B di dekat perbatasan Korea Utara
Ilustrasi -- Pesawat pengebom B-1B milik AS (dok. BBC)
Moskow -

Rusia mengerahkan dua jet tempur Sukhoi Su-30 untuk mencegat dan mengawal sepasang pesawat pengebom Amerika Serikat (AS) yang kedapatan mengudara di atas Laut Hitam. Insiden ini bertepatan dengan kunjungan Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, ke Ukraina yang berbatasan dengan Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/10/2021), pesawat supersonik AS era Perang Dingin itu awalnya dirancang untuk membawa muatan bom nuklir dan rudal, namun sekarang hanya membawa muatan konvensional.

"Awak jet tempur Rusia mengidentifikasi target di udara sebagai dua pesawat pengebom strategis supersonik B-1B milik Angkatan Udara AS, yang didampingi dua pesawat pengisi bahan bakar KC-135, dan mengawal pesawat-pesawat itu melintasi perairan Laut Hitam," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Setelah pesawat-pesawat perang asing diusir dari perbatasan negara Rusia, jet-jet tempur Rusia dengan aman kembali ke pangkalan udara yang menjadi markas jet-jet tempur itu," imbuh pernyataan tersebut.

Disebutkan juga bahwa jet-jet tempur Rusia itu mengudara dengan mematuhi aturan wilayah udara internasional. Ditegaskan juga bahwa perbatasan Rusia tidak dilanggar dalam insiden tersebut.

Insiden ini terjadi bertepatan saat Menhan AS, Lloyd Austin, mengunjungi Ukraina. Dalam kunjungannya, Austin menyebut Rusia sebagai penghalang bagi perdamaian di Ukraina bagian timur dan menyerukan Rusia untuk mengakhiri aktivitas mendestabilitasi di Laut Hitam dan sepanjang perbatasan Ukraina.

Dalam pernyataannya, Rusia menyalahkan Ukraina atas kurangnya kemajuan dalam menerapkan kesepakatan damai di wilayah Ukraina bagian timur yang rawan konflik. Tuduhan itu dibantah Ukraina.

Sementara itu, insiden serupa melibatkan pesawat pengebom B-1B juga terjadi di atas perairan Laut Jepang pada Minggu (17/10) waktu setempat. Diketahui bahwa pesawat pengebom B-1B digunakan dalam rangkaian latihan militer dengan sekutu-sekutu NATO di seluruh wilayah Eropa, mulai dari Arktik, Baltik dan Laut Hitam.

Lihat juga video 'Usai Syuting di Luar Angkasa, Pemain 'The Challenge' Kembali ke Bumi':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/idh)