Korut Klaim Sukses Uji Coba Rudal Balistik Terbaru dari Kapal Selam

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 10:07 WIB
This photo provided by the North Korean government shows a ballistic missile launched from a submarine Tuesday, Oct. 19, 2021, in North Korea. North Korea announced Wednesday, Oct. 20, 2021 that it had tested a newly developed missile designed to be launched from a submarine, the first such weapons test in two years and one it says will bolster its military’s underwater operational capability. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. Korean language watermark on image as provided by source reads: KCNA which is the abbreviation for Korean Central News Agency. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Momen peluncuran rudal balistik Korut dari kapal selam (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) mengklaim sukses menguji coba tipe terbaru rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Uji coba itu disebut bisa meningkatkan kemampuan operasional bawah laut militer Korut.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Rabu (20/10/2021), uji coba rudal yang dilakukan Korut pada Selasa (19/10) waktu setempat itu merupakan peluncuran rudal kelima sejak September lalu. Uji coba itu diketahui merupakan yang pertama untuk jenis rudal balistik kapal selam (SLBM) dalam dua tahun terakhir.

"(Uji coba ini) Akan sangat berkontribusi untuk menempatkan teknologi pertahanan negara dalam level tinggi dan untuk meningkatkan kemampuan operasional bawah laut Angkatan Laut kami," demikian laporan kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA).

KCNA juga menyebut rudal balistik terbaru itu memiliki 'banyak teknologi panduan kontrol canggih', termasuk mobilitas sayap dan mobilitas lompatan luncur.

Disebutkan juga oleh KCNA bahwa uji coba rudal itu dilakukan dari kapal selam yang sama, yakni 8.24 kapal Yongung, yang digunakan saat menguji coba SLBM pertama mereka sekitar lima tahun lalu, yang mengindikasikan rezim komunis ini mungkin hanya memiliki kemajuan terbatas dalam kemampuan peluncurannya.

Foto-foto yang dirilis surat kabar nasional Korut, Rodong Sinmun, menunjukkan sebuah rudal berwarna hitam-putih meluncur ke udara dari dalam air dengan kepulan asap dan kobaran api pada ekornya. Terlihat juga sebuah kapal selam yang mengapung dalam foto lainnya yang dirilis Rodong Sinmun.

Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan Jepang mengecam aktivitas peluncuran terbaru Korut itu, dengan ketiga negara menyebut Korut meluncurkan rudal balistik.