Kondisi Eks Presiden AS Bill Clinton Membaik, Segera Dipulangkan dari RS

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 13:55 WIB
(FILES) In this file photo taken on July 26, 2016 former President Bill Clinton speaks on Day 2 of the Democratic National Convention at the Wells Fargo Center, in Philadelphia, Pennsylvania. - Former president Bill Clinton has been hospitalized with a non-Covid-related infection, a spokesman said on October 14, 2021. Clinton, 75, was admitted to a hospital in Irvine in southern California on the evening of October 12, Angel Urena tweeted. (Photo by Robyn BECK / AFP)
Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton (Foto: AFP/ROBYN BECK)
Jakarta -

Kondisi mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton kian membaik usai bermalam di rumah sakit lantaran infeksi urologi. Jika terus membaik, Bill Clinton bakal diizinkan pulang pada hari Minggu (17/10) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (16/10/2021), Clinton yang kini berusia 75 tahun dilarikan ke University of California Irvine Medical Center sejak Selasa (12/10) malam waktu setempat. Juru bicaranya, Angela Urena dalam pernyataan di Twitter menyebut Clinton kini baik-baik saja setelah mengalami infeksi darah yang tidak terkait dengan masalah jantung yang dialami sebelumnya.

"Dia sangat bersemangat dan telah menghabiskan waktu bersama keluarga, berkumpul dengan teman-teman, dan menonton sepak bola perguruan tinggi," kata Urena dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter.

Istri Clinton, mantan Menteri Luar Negeri dan calon presiden dari Partai Demokrat 2016 Hillary Clinton, juga berada di rumah sakit pada hari Sabtu (16/10) untuk mendampingi sang suami.

Menurut dokter yang menangani Clinton, sejak dirinya dirawat di unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit, Clinton telah menerima antibiotik.

Sebelumnya, Clinton memiliki riwayat masalah kesehatan. Pada 2004, Clinton menjalani operasi bypass dan pada 2010 lalu menjalani operasi untuk membuka arteri yang tersumbat.

Meski begitu, kondisi kesehatan Clinton saat dibawa ke ICU disebut tak terkait dengan COVID-19 atau masalah jantung sebelumnya.

"Presiden Clinton dibawa ke UC Irvine Medical Center dan didiagnosis dengan sebuah infeksi. Dia dirawat di ICU untuk pemantauan secara saksama dan diberi IV antibiotik dan cairan. Dia tetap dirawat di rumah sakit untuk pemantauan berkelanjutan," ucap Dr Alpesh Amin selaku kepala kedokteran pada UC Irvine Medical Center dan Dr Lisa Bardack yang merupakan dokter utama pribadi Clinton dalam pernyataan gabungan.

"Setelah dua hari perawatan, jumlah sel darah putihnya menurun dan dia merespons antibiotik dengan baik. Kami berharap dia segera bisa pulang ke rumah," imbuh pernyataan tersebut.

(izt/gbr)