Inggris Mulai Misi Rahasia Selamatkan Penerjemah Afghanistan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 14:42 WIB
The RAF is carrying out missions to extract Afghan translators who manage to cross the border out of Afghanistan, according to the Telegraph newspaper. (File/AFP)
Ilustrasi -- Pesawat Angkatan Udara Inggris (File/AFP)
London -

Angkatan Udara Inggris tengah melakukan misi rahasia untuk menyelamatkan para penerjemah Afghanistan yang melarikan diri dari kelompok Taliban yang kini menguasai negara itu. Misi ini juga akan menjemput warga negara asing yang masih terjebak.

Seperti dilaporkan surat kabar Inggris, The Telegraph dan dilansir Arab News, Jumat (15/10/2021), misi yang disebut rahasia ini dilaporkan telah dimulai pekan ini. Misi ini bertujuan mengevakuasi ratusan orang yang pernah bekerja dengan militer Inggris selama operasi 20 tahun di Afghanistan.

Mereka yang berhasil dievakuasi akan diterbangkan ke wilayah Inggris.

The Telegraph tidak melaporkan secara spesifik lokasi evakuasi, namun diketahui bahwa warga Afghanistan yang kabur dari kekuasaan Taliban telah bergerak menuju negara-negara tetangga, seperti Pakistan, Uzbekistan dan Tajikistan.

Teknologi yang didapatkan Taliban menyimpan database warga sipil yang pernah bekerja dengan pasukan koalisi asing, yang memicu kekhawatiran tindakan balasan terhadap sekitar 300 penerjemah Afghanistan yang tertinggal saat pasukan asing ditarik pulang ke negara masing-masing.

Banyak dari mereka terpaksa bersembunyi, berpindah-pindah safe house demi menyembunyikan keberadaan mereka dari Taliban.

Pesawat yang digunakan Angkatan Udara Inggris (RAF) dalam misi ini mampu melakukan pendaratan di medan yang lebih kasar dibandingkan pesawat standar, termasuk mendarat di ruas jalanan, gurun dan semak belukar.