International Updates

Presiden Brasil Ogah Divaksin Corona, Taiwan Peringatkan China

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 18:24 WIB
Brazils President Jair Bolsonaro attends a ceremony on the National Day of People with Disabilities, at the Planalto presidential palace, in Brasilia, Brazil, Monday, Sept. 27, 2021. (AP Photo/Eraldo Peres)
Jair Bolsonaro (dok. AP Photo/Eraldo Peres)
Jakarta -

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menegaskan tidak akan divaksin virus Corona (COVID-19). Taiwan memperingatkan China untuk tidak mengerahkan jet-jet tempurnya terlalu dekat dengan wilayah Taiwan.

Bolsonaro dalam pernyataannya mengklaim dirinya memiliki antibodi tinggi sehingga tidak perlu divaksin Corona. Penegasan ini disampaikan Bolsonaro setelah sebelumnya menyatakan dirinya akan menjadi 'warga Brasil terakhir' yang divaksin Corona.

Sementara otoritas Taiwan memperingatkan China bahwa semakin dekat jet tempur dan pesawat militer negara itu ke wilayah mereka maka akan semakin keras respons yang diberikan Taiwan.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (14/10/2021):

- Militan Irak-Suriah Masuk Afghanistan, Putin Khawatir Situasi Jadi Kacau

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan para militan dari Irak dan Suriah 'secara aktif' masuk ke Afghanistan, yang kini dikuasai Taliban. Dia khawatir para militan itu mengeksploitasi kekacauan di Afghanistan.

"Situasi di Afghanistan tidaklah mudah," sebut Putin dalam konferensi video dengan jajaran kepala dinas keamanan negara-negara bekas Uni Soviet, seperti dilansir AFP, Kamis (14/10/2021).

"Militan-militan dari Irak, Suriah dengan pengalaman dalam operasi militer secara aktif tertarik ke sana (Afghanistan-red)," ungkapnya.

- Asyik Melukis Saat Liburan di Tengah Pandemi, PM Inggris Dikecam

Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, menuai kecaman keluarga para korban virus Corona (COVID-19) setelah terjepret kamera sedang asyik melukis di tengah liburannya. Foto liburan Johnson itu mencuat sehari setelah pemerintahannya dikritik habis-habisan terkait caranya menangani pandemi Corona.

Seperti dilansir CNN, Kamis (14/10/2021), foto tersebut menunjukkan Johnson sedang melukis di luar villa yang diyakini menjadi tempatnya menginap bersama keluarganya saat liburan di Marbella, Spanyol.

Johnson yang berkemeja putih tampak berdiri di hadapan easel atau stand kayu untuk melukis, dengan tangannya memegang kuas atau pensil. Keluarga korban Corona menyebut foto tersebut 'sangat mengecewakan'.