Gedung 13 Lantai Terbakar di Taiwan, 25 Orang Tewas dan Puluhan Luka-luka

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 15:17 WIB
Taipei -

Sebuah kebakaran menghanguskan sebuah gedung 13 lantai di Kaohsiung, Taiwan bagian selatan. Tragis, sedikitnya 25 orang tewas akibat kebakaran itu dan puluhan orang lainnya luka-luka.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (14/10/2021), jumlah korban tewas diperkirakan masih bisa bertambah.

Dinas pemadam kebakaran di kota Kaohsiung menuturkan bahwa gedung itu terbakar sekitar pukul 03.00 dini hari pada Kamis (14/10) waktu setempat. Disebutkan bahwa api yang melalap gedung itu 'sangat ganas' dan menghancurkan banyak lantai.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran setempat, Li Ching-hsiu, menuturkan kepada wartawan di lokasi kejadian bahwa sekitar 11 jenazah telah dievakuasi dari lokasi dan dibawa langsung ke kamar mayat setempat.

Sekitar 14 orang lainnya yang tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan termasuk di antara 55 orang yang dilarikan ke rumah sakit. Di Taiwan, konfirmasi resmi kematian hanya dapat dilakukan di rumah sakit.

Li menambahkan bahwa jumlah korban tewas diperkirakan bisa melampaui 40 orang, karena petugas pemadam kebakaran melakukan upaya pencarian dan evakuasi.

Video yang ditayangkan televisi lokal Taiwan menunjukkan kobaran api berwarna oranye dan asap mengepul dari lantai bawah gedung tersebut saat petugas melakukan pemadaman. Setelah fajar, petugas terlihat menyemprotkan air ke lantai yang ada di tengah-tengah gedung yang kobaran apinya masih membara.