Atlet Lari Ternama Kenya Tewas Ditikam, Suaminya Jadi Tersangka

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 13:21 WIB
FILE - In this Thursday, May 30, 2019 file photo, Agnes Tirop of Kenya smiles after winning the womens 1500m race at the IAAF Diamond League meeting at Stockholm Olympic Stadium in Stockholm, Sweden. Kenyan runner Agnes Tirop, a two-time world championships bronze medalist, has been found dead at her home in Iten in western Kenya, the countrys track federation said Wednesday, Oct. 13, 2021. (Fredrik Sandberg/TT News Agency via AP, File)
Agnes Tirop dalam foto tahun 2019 (Fredrik Sandberg/TT News Agency via AP, File)
Nairobi -

Penyelidikan terhadap kematian seorang wanita yang merupakan atlet lari ternama Kenya, Agnes Tirop, yang memegang rekor dunia tengah berlangsung. Kepolisian setempat menetapkan suami Tirop sebagai tersangka dan masih memburunya.

Seperti dilansir BBC, Kamis (14/10/2021), penyelidikan kriminal tengah berlangsung terhadap kematian Tirop yang berusia 25 tahun ini. Kepolisian setempat menyebut suami Tirop, yang identitasnya tidak disebut, dilaporkan menghilang.

Pada Rabu (13/10) waktu setempat, penyidik kepolisian mendatangi rumah Tirop, yang dilaporkan hilang oleh ayahnya sejak Selasa (12/10) malam waktu setempat. Polisi mendapati Tirop sudah tak bernyawa ketika mereka tiba di rumahnya.

"Ketika (polisi) masuk ke rumah, mereka menemukan Tirop di atas tempat tidur dan ada genangan darah di lantai," tutur kepala kepolisian setempat, Tom Makori.

"Mereka melihat dia ditikam di leher, yang membuat kami meyakini itu merupakan luka akibat pisau, dan kami meyakini itulah yang menyebabkan kematiannya," imbuh Makori.

Sejumlah sumber menuturkan kepada BBC bahwa Tirop juga memiliki sebuah luka tusukan di perutnya.

"Suaminya masih buron, dan penyelidikan awal memberitahu kami bahwa suaminya menjadi tersangka karena dia tidak bisa ditemukan. Polisi tengah berupaya mencari suaminya agar dia bisa menjelaskan apa yang terjadi pada Tirop," ujar Makori dalam pernyataannya.