Israel Lancarkan Serangan Udara ke Suriah, 4 Orang Tewas

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 12:58 WIB
A warplane carries out a bombing run above Syria near the Israeli-Syrian border as it is seen from the Israeli-occupied Golan Heights , Israel July 24, 2018. REUTERS/Ammar Awad
Ilustrasi (dok. REUTERS/Ammar Awad)
Damaskus -

Militer Israel melancarkan serangan udara ke wilayah Suriah bagian tengah. Serangan udara Israel itu dilaporkan menewaskan satu tentara Suriah dan tiga petempur pro-Iran.

Seperti dilansir AFP, Kamis (14/10/2021), seorang sumber militer yang dikutip kantor berita Suriah, SANA, menyebut serangan di dekat kota Palmyra, Provinsi Homs, itu menewaskan seorang tentara dan melukai tiga orang lainnya.

"Sekitar pukul 23.34 waktu setempat, musuh Israel melakukan agresi udara... di daerah Palmyra menargetkan menara komunikasi dan beberapa titik di sekitarnya," sebut sumber militer itu kepada SANA.

Syrian Observatory for Human Rights, pemantau konflik Suriah yang berbasis di Inggris, melaporkan serangan itu menargetkan beberapa posisi pasukan Iran, di antaranya menara komunikasi, di dekat pangkalan udara T4 di timur Palmyra.

Laporan Syrian Observatory juga menyebut serangan udara itu menewaskan satu tentara Suriah dan tiga petempur pro-Iran, namun kewarganegaraan mereka belum diketahui. Tujuh orang lainnya, termasuk tiga tentara Suriah, mengalami luka-luka.

Pekan lalu, serangan rudal Israel ke pangkalan udara yang sama telah menewaskan dua petempur asing pro-Iran. Kantor berita SANA menambahkan enam tentara terluka dalam serangan tersebut.

Sejak konflik Suriah pecah tahun 2011, Israel secara konstan melancarkan serangan udara di dalam wilayah Suriah, yang sebagian besar menargetkan pasukan pemerintah Suriah, serta pasukan Iran dan kelompok Hizbullah yang bersekutu dengan rezim Damaskus.

Militer Israel jarang mengakui serangan ke Suriah, berulang kali menegaskan tidak akan mengizinkan Suriah menjadi markas musuh bebuyutannya, Iran.

(nvc/nvc)