Ogah Divaksin, Presiden Brasil Ditolak Resto AS-Gagal Nonton Bola di Stadion

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 10:52 WIB
FILE PHOTO: Brazils President Jair Bolsonaro waves at an inauguration ceremony of the new president of the Parliamentary Agricultural Front (FPA) in Brasilia, Brazil February 19, 2019. REUTERS/Ueslei Marcelino/File Photo
Jair Bolsonaro (REUTERS/Ueslei Marcelino/File Photo)
Brasilia -

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengalami sejumlah insiden gegara dirinya tidak divaksin virus Corona (COVID-19). Mulai dari ditolak makan di sebuah restoran di New York, Amerika Serikat (AS), hingga tidak bisa menonton sepakbola di stadion setempat.

Pada September lalu, seperti dilansir AFP, Bolsonaro kedapatan memakan pizza di trotoar kota New York, AS, menjelang Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Saat itu, Bolsonaro tidak bisa makan di dalam restoran karena tidak divaksin Corona.

Otoritas kota New York mewajibkan siapa saja yang ingin makan di dalam restoran atau area indoor harus menunjukkan bukti telah divaksin Corona, setidaknya satu dosis. Momen Bolsonaro makan pizza di trotoar ini terlihat dalam foto yang beredar di media sosial, termasuk dari jajaran Menteri Brasil yang mendampinginya pada saat itu.

"Makan malam mewah di New York," demikian cuitan Menteri Sekretariat Brasil, Luiz Eduardo Ramos, sambil menyertakan foto Bolsonaro sedang menikmati sepotong pizza di luar sebuah restoran bersama beberapa anggota delegasinya.

Menteri Pariwisata Brasil, Gilson Machaco, juga memposting foto Bolsonaro saat menikmati pizza di pinggir jalanan New York. Dia menulis pada akun Instagramnya bahwa pizza dan minuman soda Coca-Cola menjadi makan malam mereka.

"Bolsonaro suka menunjukkan kerendahan hati... tapi ini bukan masalah selera," sindir kolumnis Brasil, Reinaldo Azevedo, dalam komentarnya merujuk pada persyaratan wajib vaksin Corona di New York.

Insiden lain terjadi pada Minggu (10/10) waktu setempat, ketika Bolsonaro meluapkan kemarahan kepada wartawan setempat setelah gagal menonton pertandingan sepakbola antara klub Santos melawan Gremio yang digelar di sebuah stadion di kota Santos. Pertandingan itu menjadi yang pertama dihadiri penonton sejak pandemi Corona merebak.