Turki Tahan 2 Orang yang Diduga Mata-mata Iran

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 02:48 WIB
Belgian police officers secure the entrance of the main police station after a machete-wielding man injured two female police officers before being shot in Charleroi, Belgium, August 6, 2016. REUTERS/Francois Lenoir
Ilustrasi polisi (Foto: REUTERS/Francois Lenoir)
Ankara -

Otoritas Turki menahan 2 orang yang diduga mata-mata Iran. Keduanya yakni warga negara Turki dan warga negara Iran.

Dilansir dari AFP, penangkapan keduanya diungkap oleh seorang pejabat senior yang enggan disebut namanya. Keduanya ditangkap karena dinilai mengancam hubungan antara Turki dan Iran.

Kedua ditahan saat mereka diduga merencanakan menculik secara paksa seorang mantan pejabat militer Iran yang berada di Turki.

Pejabat itu tidak mengungkap identitas tersangka. Ia juga tidak menjelaskan alasan percobaan penculikan terhadap mantan pejabat militer Iran.

Diketahui, Turki dan Iran memiliki hubungan ekonomi yang erat. Namun, keduanya juga kerap bersitegang dan berada di kubu yang berbeda terkait konflik regional di Suriah.

Pada Februari 2021, Turki menahan seorang karyawan konsulat Iran di Istanbul. Penangkapan ini berhubungan dengan penyelidikan pembunuhan seorang pembangkang Iran di Turki pada tahun 2019.

Simak juga Video: Hore! Turki Bakal Bebaskan Visa untuk WNI

[Gambas:Video 20detik]




(isa/isa)