Spanyol Kembali Evakuasi 160 Warga Afghanistan via Pakistan

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 17:44 WIB
Afghan people who were transported from Islamabad, walk after disembarking a plane, at the Torrejon military base in Spain on Monday, Oct. 11, 2021. (AP Photo/Manu Fernandez)
Warga Afghanistan yang dievakuasi via Pakistan tiba di pangkalan udara Spanyol (AP Photo/Manu Fernandez)
Madrid -

Otoritas Spanyol kembali mengevakuasi 160 warga Afghanistan yang sempat tertinggal dalam proses evakuasi darurat pada Agustus lalu ketika Taliban mengambil alih kekuasaan. Para pengungsi itu dievakuasi via Pakistan, yang bertetangga dengan Afghanistan.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Rabu (13/10/2021), Spanyol meluncurkan misi untuk mengevakuasi warga Afghanistan, yang kebanyakan pernah bekerja untuk Spanyol, bersama keluarga mereka yang gagal dievakuasi dalam operasi darurat pada Agustus lalu.

Pada saat itu, Spanyol hanya mampu mengevakuasi sekitar 2.000 warganya dan warga Afghanistan via bandara Kabul. Proses evakuasi sempat terhenti setelah seluruh tentara Amerika Serikat (AS), termasuk yang menjaga bandara Kabul, ditarik pulang ke negaranya.

Kementerian Pertahanan Spanyol dalam pernyataannya menyebut misi terbaru ini berhasil mengevakuasi para pekerja Afghanistan dan keluarganya via Pakistan sebelum mereka diterbangkan ke Spanyol.

Sekitar 160 pengungsi Afghanistan itu tiba di pangkalan udara Torrejon de Ardoz, yang terletak di luar Madrid, pada Selasa (12/10) sekitar pukul 08.45 waktu setempat.

Mereka bergabung dengan 84 pengungsi lainnya yang terlebih dulu diterbangkan ke pangkalan udara yang sama pada Senin (11/10) waktu setempat.

Evakuasi ini berhasil dilakukan setelah Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Albares, mengunjungi Pakistan dan Qatar bulan lalu untuk meminta bantuan kedua negara dalam mengevakuasi lebih banyak warga Afghanistan yang pernah bekerja untuk Spanyol.