Pesawat Tabrak Gedung, Miliarder Rumania dan Keluarganya Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 10:15 WIB
Roma -

Sebuah pesawat ringan yang diterbangkan oleh miliarder Rumania, Dan Petrescu, jatuh dan menabrak sebuah gedung perkantoran kosong di dekat Milan, Italia. Nahas, sang miliarder bersama dengan tujuh orang lainnya termasuk istri dan anak laki-lakinya tewas dalam kecelakaan itu.

Seperti dilansir AFP dan Times of Malta, Senin (4/10/2021), pesawat jenis Pilatus PC-12 bermesin tunggal itu lepas dari dari Bandara Linate, Milan, pada Minggu (3/10), sesaat usai pukul 13.00 waktu setempat dan terbang menuju Olbia yang ada di sebelah utara Pulau Sardinia, Italia.

Menurut badan penerbangan setempat, ANSV, yang melakukan penyelidikan, pesawat tersebut jatuh beberapa menit usai lepas landas. Pesawat ringan itu dilaporkan terjatuh di area San Donato Milanese, sebuah kota di sebelah tenggara Milan.

Para saksi mata menuturkan bahwa pesawat terlihat sudah terbakar api sebelum menabrak gedung perkantoran yang kosong karena sedang direnovasi.

Petrescu yang berusia 68 tahun diketahui merupakan salah satu pria terkaya di Rumania. Dia memimpin sebuah perusahaan konstruksi besar dan memiliki serentetan hypermarket dan mal. Dia juga diketahui memegang kewarganegaraan Jerman.

Laporan surat kabar lokal Corriere della Sera dan kantor berita AGI menyebut istri Petrescu yang berusia 65 tahun dan berkewarganegaraan ganda Rumania-Prancis, dan putra mereka, Don Stefano, yang berusia 30 tahun tewas dalam kecelakaan itu.

Disebutkan bahwa seorang anak yang tidak disebut identitasnya juga menjadi korban tewas dalam kecelakaan itu.

Penyebab kecelakaan ini belum diketahui pasti. Jaksa setempat, Tiziana Siciliano, yang dikutip Corriere della Sera, menyatakan bahwa kotak hitam pesawat telah ditemukan.

(nvc/ita)