Dihajar Varian Delta, Rusia Cetak Rekor Kematian

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 17:48 WIB
Moskow -

Rusia kembali mencetak rekor tertinggi untuk jumlah kematian harian akibat virus Corona (COVID-19). Rekor ini tercatat setelah negara ini melaporkan peningkatan kasus Corona terkait varian Delta yang sangat mudah menular dan terhentinya laju vaksinasi.

Seperti dilansir AFP, Selasa (28/9/2021), data terbaru pemerintah Rusia menyebut 852 kematian tercatat dalam 24 jam terakhir. Angka tersebut mencetak rekor sebagai kematian harian tertinggi sejak awal pandemi Corona.

Dengan tambahan kematian tersebut, maka total kematian akibat Corona di Rusia kini mencapai 205.531 kematian -- angka kematian tertinggi di Eropa.

Otoritas Rusia sebelumnya dituduh meremehkan keparahan wabah Corona. Dengan definisi lebih luas untuk kematian terkait Corona, badan statistik Rosstat melaporkan pada akhir Agustus bahwa Rusia mencatat lebih dari 350.000 kematian.

Saat ini, Rusia tercatat sebagai negara yang terdampak Corona terparah kelima di dunia dengan total lebih dari 7 juta kasus Corona terkonfirmasi di negara itu.

Jumlah kasus Corona di Rusia mengalami kenaikan sejak bulan lalu saat laju vaksinasi terhenti.

Moskow yang menjadi pusat wabah Corona di Rusia, mengalami lonjakan kasus dalam sepekan terakhir, dengan otoritas setempat memperingatkan kenaikan jumlah rawat inap.

Tonton Video: Putin Isolasi Mandiri Usai Kontak Erat dengan Pasien Covid-19

[Gambas:Video 20detik]