Pesawat Militer Rusia Hilang, Angkut 6 Orang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 18:16 WIB
Ilustrasi Penerbangan, ilustrasi pesawat, pesawat terbang, ilutrasi perjalanan, pesawat
ilustrasi (Foto: Getty Images/Maja Hitij)
Jakarta -

Sebuah pesawat angkut militer Rusia menghilang pada Rabu (22/9) di dekat kota Khabarovsk di Timur Jauh. Pesawat Antonov An-26 tersebut mengangkut enam orang.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (22/9/2021), Kementerian Darurat mengatakan bahwa pada pukul 18:45 waktu setempat, mereka mengetahui bahwa "sebuah pesawat An-26 telah menghilang dari radar 38 kilometer (23 mil) dari bandara Khabarovsk".

"Menurut data awal, ada enam orang di dalamnya," kata kementerian itu di saluran Telegramnya.

Kementerian mengatakan bahwa sebuah helikopter telah dikirim untuk mencari pesawat yang hilang tersebut.

Kementerian Darurat menyatakan, pencarian ini diperumit oleh hari yang mulai gelap di Khabarovsk dan "kondisi cuaca yang tidak menguntungkan."

Pernah terkenal karena kecelakaan-kecelakaan pesawat, Rusia telah meningkatkan catatan keselamatan lalu lintas udaranya dalam beberapa tahun terakhir.

Maskapai-maskapai besar negara itu telah beralih dari pesawat Uni Soviet yang sudah tua ke pesawat yang lebih modern.

Tetapi perawatan pesawat yang buruk dan standar keselamatan yang lemah masih tetap terjadi, dan negara itu telah mengalami beberapa kecelakaan udara yang mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Juli, sebuah pesawat An-26 yang terbang di atas semenanjung Kamchatka, Timur Jauh dengan 28 orang di dalamnya, menghilang dan jatuh.

Keseluruhan 28 orang di dalamnya - 22 penumpang, termasuk dua anak di bawah umur, dan enam awak - tewas.

Sebulan kemudian, sebuah helikopter Mi-8 yang membawa 16 turis dan kru dalam perjalanan wisata di Kamchatka, jatuh ke danau, menewaskan delapan orang.

Pesawat Antonov diproduksi selama era Uni Soviet dan masih digunakan di seluruh bekas Uni Soviet tersebut untuk transportasi sipil dan militer. Pesawat jenis ini telah terlibat dalam sejumlah kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir.

(ita/ita)