Mobil Penasihat Presiden Ukraina Diberondong Tembakan

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 17:12 WIB
Kiev -

Mobil yang membawa penasihat utama Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, diberondong tembakan saat melaju di area pedesaan di luar ibu kota Kiev. Sopir yang mengemudikan mobil itu mengalami luka-luka.

Seorang pejabat senior Ukraina menyebut penembakan itu sebagai percobaan pembunuhan.

Seperti dilansir Reuters dan media lokal Ukraina, Ukrinform, Rabu (22/9/2021), keterangan kepolisian setempat menyebut ada lebih dari 10 peluru yang mengenai mobil tersebut. Penembakan itu terjadi saat mobil melaju di dekat desa Lesnyky di luar ibu kota Kiev pada Rabu (22/9) pagi waktu setempat.

"Kami mengonfirmasi serangan itu. Sopirnya luka-luka," ucap juru bicara Kepolisian Kyiv, Iryna Pryanishnikova.

Penyelidikan terhadap penembakan ini telah dimulai dengan delik dugaan percobaan pembunuhan. Ukrinform melaporkan bahwa operasi kepolisian khusus tengah berlangsung untuk mencari dan menahan pelaku penembakan.

Dalam pernyataannya, seorang anggota parlemen senior Ukraina menuturkan bahwa Serhiy Shefir, sang penasihat utama Zelensky, tidak mengalami luka-luka.

Shefir merupakan salah satu pejabat yang paling dekat dengan Zelensky. Dia memimpin sekelompok penasihat kepresidenan Ukraina. Saat penembakan terjadi, Zelensky tengah berada di Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).