Anggaran Iron Dome Israel Dihapus, Partai Republik-Demokrat AS Cekcok

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 13:28 WIB
A battery of Israels Iron Dome, designed to intercept and destroy incoming short-range rockets and artillery shells, is pictured in the Israeli-annexed Golan Heights near the border with Syria, on November 18, 2020. - Israeli warplanes struck Syria Wednesday, hitting Iranian targets and killing 10 Syrian and foreign fighters in what the Israeli army called a retaliatory attack after explosive devices were found near one of its bases on the occupied Golan Heights. (Photo by JALAA MAREY / AFP)
Ilustrasi -- Sistem pertahanan rudal Iron Dome di israel (dok. AFP/JALAA MAREY)
Washington DC -

Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) dihujani kecaman setelah dilaporkan menghapus rencana anggaran jangka pendek terkait alokasi US$ 1 miliar untuk sistem pertahanan rudal Iron Dome di Israel.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/9/2021), pimpinan Partai Demokrat telah memastikan tidak ada gangguan terhadap bantuan pendanaan untuk Israel tersebut, dengan dananya akan diambil dari sumber lainnya.

Namun hal itu disampaikan setelah caci-maki dari Partai Republik menghujani para anggota parlemen dari Partai Demokrat, termasuk tuduhan anti-Semitisme.

Pemimpin mayoritas House of Representatives (HOR) atau DPR AS dari Partai Demokrat, Steny Hoyer, menyatakan akan ada voting 'sebelum akhir pekan ini yang akan mendanai sepenuhnya Iron Dome'.

Dia menambahkan bahwa dirinya telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, untuk 'memastikan kepadanya bahwa rencana anggaran itu akan diloloskan' oleh DPR.

Lebih lanjut, Hoyer menyatakan bahwa DPR AS akan menggunakan prosedur dipercepat, atau yang dikenal sebagai 'suspension bill' yang mengharuskan rencana anggaran disetujui oleh dua pertiga anggota yang hadir atau dalam voting secara lisan untuk mendapatkan suara bulat. Senat kemudian akan mengadopsinya.

Cek-cok pada Selasa (21/9) waktu setempat ini dipicu oleh kalangan Partai Demokrat pada DPR AS yang menghapus ketentuan yang sebelumnya disertakan dalam rencana anggaran untuk menjaga pemerintah federal tetap memiliki pendanaan untuk membantu meningkatkan sistem pertahanan udara Israel.

Lihat juga video 'AS-Australia Sepakat, Jalin Kemitraan Demi Kepentingan Global':

[Gambas:Video 20detik]