63 Penguin di Afrika Selatan Tewas Disengat Kawanan Lebah

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 02:07 WIB
A queen bee (C) is surrounded by bees in a hive at the Luxembourg Gardens beekeeping school on April 15, 2015 in Paris.  AFP PHOTO /ERIC FEFERBERG
Ilustrasi, lebah (Foto: Eric Feferberg/AFP)
Cape Town -

Sebanyak 63 penguin ditemukan tewas di pantai Cape Town, Afrika Selatan. Pada jasad penguin tersebut, banyak luka sengatan lebah.

"Setelah tes, kami menemukan sengatan lebah di sekitar mata penguin," ujar seorang dokter hewan klinis Yayasan Konservasi Burung Pesisir Afrika Selatan, David Roberts, dilansir dari AFP, Senin (20/9/2021).

"Ini kejadian yang sangat jarang terjadi. Kami tidak berharap itu sering terjadi, ini kebetulan," lanjutnya.

Selain itu, para peneliti menemukan pula lebah-lebah mati di sekitar lokasi. Sampel dari mayat penguin itu diuji laboratorium untuk mengetahui indikasi penyakit dan toksikologi.

Dari hasil penyelidikan awal menunjukkan semua jasad penguin memiliki beberapa luka sengatan lebah. Roberts menambahkan Penguin Afrika masuk kedalam daftar merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam, yang berarti penguin Afrika berisiko punah.

"Penguin... tidak boleh mati begitu saja karena sudah terancam punah. Mereka adalah spesies yang dilindungi," kata Roberts.

Lebah-lebah yang menyengat para penguin itu diduga berasal dari Simonstown, sebuah kota kecil dekat Cape Town. Diketahui, di sana terdapat taman nasional dan lebah madu merupakan bagian dari ekosistem.

(isa/isa)