Rekor! India Suntikkan 22 Juta Vaksin Corona Sehari di Ultah PM Modi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 12:59 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77)
Jakarta -

India mencetak rekor dengan memberikan 22 juta suntikan vaksin Corona dalam sehari! Ini sebagai bagian dari upaya vaksinasi khusus untuk ulang tahun (ultah) Perdana Menteri (PM) Narendra Modi ke-71 tahun pada Jumat (17/9) waktu setempat.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (18/9/2021), pihak berwenang mendirikan pusat-pusat vaksinasi khusus di stadion, pusat perbelanjaan, klinik dan tempat-tempat lain karena berusaha untuk meningkatkan kampanye vaksinasi untuk menyuntik 1,1 miliar orang pada akhir tahun ini.

Rekor vaksinasi harian terbaik sebelumnya di India adalah 14 juta dosis vaksin pada bulan Agustus lalu.

Menteri Kesehatan India Mansukh Mandaviya mengatakan "ini adalah hadiah dari petugas kesehatan dan warga kepada perdana menteri" karena lebih dari 20 juta suntikan setiap hari dicapai untuk pertama kalinya pada ulang tahun ke-71 Modi.


Uttar Pradesh, negara bagian terpadat di India, biasanya menginokulasi sekitar 1,5 juta orang per hari.Dalam cuitan di Twitter, Modi menuliskan bahwa semua orang India harus "bangga" dengan rekor tersebut.

"Saya mengantisipasi bahwa kita mungkin melewati 2,5 juta vaksinasi hari ini," kata petugas imunisasi negara bagian tersebut, Ajay Ghai kepada AFP.

Diluncurkan pada bulan Januari lalu, kampanye vaksinasi di India awalnya berjalan lambat karena kekurangan pasokan vaksin dan keraguan di antara penduduk.

Simak juga Video: Sejumlah Negara Mulai Menggelar Sekolah Tatap Muka

[Gambas:Video 20detik]