Menhan Australia Sebut-sebut Indonesia Saat Bicara Soal China

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 09:27 WIB
Jakarta -

Amerika Serikat, Inggris dan Australia telah menyepakati aliansi pertahanan baru di tengah meningkatnya ancaman China. Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Peter Dutton menyebut kesepakatan aliansi yang diberi nama AUKUS itu adalah "keputusan bersejarah" dalam sejarah Australia, dan merupakan respons terhadap meningkatnya ancaman China di kawasan itu.

Yang menarik, dalam komentarnya, Dutton menyebut-nyebut Indonesia.

"Apa yang diinginkan Australia? Kami ingin perdamaian berkelanjutan di kawasan kami, kami menginginkan stabilitas, kami ingin ada kesempatan bagi Indonesia, Vietnam dan Sri Lanka dan Korea untuk terus berkembang dan memberikan standar hidup yang lebih baik bagi rakyat mereka dan hasil kesehatan yang lebih baik," kata Dutton seperti diberitakan Sky News, Jumat (17/9/2021).

"Itu adalah kesuksesan untuk dunia dan kita perlu memastikan itu bertahan lama," imbuhnya.

Dutton juga menyebut Indonesia, Vietnam, dan Korea Selatan sebagai mitra Australia di kawasan.

"Mereka memahami nilai-nilai yang kami anut dan bahwa kami telah secara konsisten menganutnya untuk jangka waktu yang lama," katanya.

Dutton mengatakan kemitraan baru dengan AS dan Inggris ini muncul di tengah kebutuhan untuk menghadapi ancaman "nyata dan meningkat".

"Ini adalah keputusan bersejarah dan kami sangat berterima kasih atas hubungan kami dengan Amerika dan Inggris," katanya.