Gempa M 6 Guncang China, 2 Orang Tewas-Puluhan Terluka

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 08:13 WIB
Beijing -

Gempa dengan magnitudo 6 mengguncang wilayah barat daya China. Ada dua orang tewas dan belasan lainnya mengalami luka-luka akibat gempa ini.

Dilansir dari AFP, Kamis (16/9/2021), gempa tersebut terjadi di provinsi Sichuan dini hari waktu setempat. Survei Geologi AS menyebut gempa tersebut memiliki magnitudo 5,4 tetapi Pusat Jaringan Gempa China mengukurnya pada kekuatan 6,0.

Keduanya sama-sama menyatakan pusat gempa berada di kedalaman 10 Km. Gempa itu melanda daerah Luxian sekitar 120 Km barat daya kota besar Chongqing yang dihuni sekitar 30 juta orang.

"Dua orang tewas, tiga orang luka parah dan 50 orang luka ringan, sementara 22 rumah di daerah itu runtuh," ujar otoritas Luxian.

Komunikasi juga terputus di beberapa bagian wilayah itu. Sejumlah media membagikan gambar bangunan dengan retakan besar yang disebabkan oleh gempa.

Kantor berita Xinhua mengatakan Kota Luzhou telah mengirim personel darurat ke daerah itu. Sementara, USGS menyatakan kerusakan signifikan mungkin terjadi dan bencana berpotensi meluas.

Sebuah gempa berkekuatan 7,9 SR di provinsi Sichuan pada tahun 2008 menyebabkan 87.000 orang tewas atau hilang. Di antara mereka ada ribuan anak-anak yang tewas ketika gedung sekolah runtuh. Pemerintah setempat enggan merilis jumlah pasti korban tewas karena masalah ini mengambil dimensi politik.

(haf/maa)