Israel Gempur Posisi Hamas di Gaza Usai Diserang Roket

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 15:42 WIB
Israeli soldiers duck as rockets are fired from Gaza strip in the south of Israel, Tuesday, May 11, 2021. (AP Photo/Ariel Schalit)
Ilustrasi (dok. AP Photo/Ariel Schalit)
Gaza City -

Israel mengerahkan sejumlah jet tempurnya untuk menggempur posisi Hamas di wilayah Jalur Gaza. Serangan udara ini dilancarkan setelah roket ditembakkan dari Gaza ke wilayah Israel pada Jumat (10/9) malam waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (11/9/2021), sirene peringatan serangan roket terdengar di dekat perbatasan Israel dengan Gaza pada Jumat (10/9) tengah malam waktu setempat.

Militer Israel dalam pernyataannya menyebut sebuah roket ditembakkan ke bagian selatan wilayahnya dari Gaza. Roket itu disebut berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Tidak ada laporan korban jiwa akibat serangan roket itu.

Sirene peringatan itu berbunyi beberapa jam setelah polisi Israel menangkap dua tahanan Palestina -- dari enam tahanan -- yang kabur dari penjara pada awal pekan ini. Kedua tahanan yang ditangkap itu disebut berasal dari kelompok militan Jihad Islam yang bermarkas di Gaza.

Warga Palestina merayakan insiden kaburnya para tahanan itu dengan menggelar unjuk rasa di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Sejauh ini, otoritas Israel telah berhasil menangkap empat tahanan di antaranya dan masih memburu dua tahanan lainnya.

Meningkatnya serangan lintas perbatasan beberapa waktu terakhir menjadi ujian bagi kesepakatan gencatan senjata rapuh yang mengakhiri pertempuran sengit Israel dan Hamas pada Mei lalu.

(nvc/idh)