Israel Kembali Tangkapi Kerabat Tahanan Palestina yang Kabur

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 18:33 WIB
Police officers and prison guards inspect the scene of a prison escape outside the Gilboa prison in Northern Israel, Monday, Sept. 6, 2021. Israeli forces on Monday launched a massive manhunt in northern Israel and the occupied West Bank after six Palestinian prisoners escaped overnight from a high-security facility in an extremely rare breakout. (AP Photo/Sebastian Scheiner)
enam tahanan Palestina telah kabur dari penjara Israel (Foto: AP/Sebastian Scheiner)
Jakarta -

Tentara Israel kembali melakukan penangkapan terhadap kerabat dari enam tahanan Palestina yang kabur dari penjara dengan menggali terowongan. Penangkapan ini dilakukan seiring pasukan Israel terus melakukan perburuan besar-besaran di wilayah Tepi Barat.

Israel telah mengerahkan pasukan ke wilayah Palestina itu sejak pelarian enam tahanan dari penjara berpengamanan tinggi, Gilboa di Israel utara melalui terowongan yang digali di bawah wastafel di sel.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (10/9/2021), menurut kelompok advokasi Palestina, Klub Tahanan Palestina, dua saudara laki-laki dan saudara perempuan dari tahanan buron, Mahmud Ardah ditangkap pada Jumat (10/9) pagi waktu setempat di desa Arraba, dekat Jenin di Tepi Barat utara.

Ardah, seorang anggota kelompok militan Jihad Islam, telah dipenjara seumur hidup sejak 1996 karena perannya dalam serangan-serangan mematikan.

Sebelumnya, para kerabat lain dari enam buronan, semuanya dari daerah Jenin, telah ditangkap pada hari Rabu (8/9) dan ditahan.

Militer Israel belum berkomentar tentang penangkapan hari Jumat itu.

Warga Palestina merayakan pelarian para tahanan itu dengan aksi demonstrasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza, beberapa aksi di antaranya diwarnai kerusuhan.

Tonton Video: Kekisruhan Pecah di Penjara-penjara Israel

[Gambas:Video 20detik]