Erdogan Janji Turki Bakal Lindungi Bandara Kabul dari Taliban

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 02:42 WIB
Setelah Erdogan sebut Macron perlu perawatan mental, Prancis tuduh Turki coba picu kebencian terhadap Prancis
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: BBC World)
Ankara -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pihaknya bakal melindungi bandara Kabul dari kelompok Taliban. Saat ini, otoritas Turki tengah berkoordinasi dengan negara-negara lain.

"Kami bertujuan untuk memastikan keamanan bandara dan berkontribusi pada keamanan negara ini setelah penarikan (pasukan) Amerika. Kami masih mempertahankan niat ini," kata Erdogan dalam wawancara yang disiarkan televisi dilansir AFP, Kamis (19/8/2021).

Turki tengah berkoordinasi dengan Amerika Serikat untuk membantu mengamankan Bandara Kabul. "Kami sekarang melakukan perencanaan kami sesuai dengan kenyataan baru yang muncul di lapangan dan mengadakan negosiasi kami sesuai dengan itu," kata Erdogan.

Otoritas Amerika Serikat terus berhubungan dengan Turki tentang pengaturan keamanan bandara Kabul. Amerika Serikat sendiri telah menyatakan terima kasih atas peran Turki dalam mengevakuasi warga sipil dari Kabul.

"Kehadiran militer Turki di Afghanistan akan memberi keunggulan bagi pemerintahan baru di arena internasional dan memfasilitasi tugasnya," kata Erdogan.

Dia mengatakan Turki tengah berdiskusi dengan pihak berwenang Afghanistan. "Kita bisa mendiskusikan opsi yang berbeda," katanya.

Siapa pun yang memegang kekuasaan, tambah Erdogan, Turki akan mendukung Afghanistan. Erdogan siap bertemu dengan para pemimpin Taliban.

"Kami menyambut baik pernyataan yang terkendali dan moderat yang dibuat oleh Taliban," tambahnya.

Erdogan juga mengatakan dia akan berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam beberapa hari mendatang.

Otoritas Turki sejauh ini telah mengevakuasi 552 warga Turki dari Kabul.

(isa/isa)