Korban Tewas Gempa Haiti Jadi 1.297 Orang, KBRI Ungkap WNI Aman

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 07:16 WIB
Les Cayes -

Korban jiwa akibat gempa M 7,2 di Haiti melonjak menjadi 1.297 orang. KBRI untuk Kuba mengatakan sebanyak 10 WNI yang bekerja di Haiti tidak terdampak gempa.

Dilansir AFP, Senin (16/4/2021) sebanyak 1.297 orang dilaporkan tewas akibat gempa besar yang melanda Haiti pada Sabtu waktu setempat. Gempa berpusat di sebelah barat sekitar 160 kilometer Ibu Kota padat penduduk Port-au-Prince.

Sekitar 13.600 bangunan dilaporkan hancur dan sebanyak 13.700 rusak. Sementara itu korban yang mengalami luka-luka dilaporkan sebanyak 5.700 orang.

Di Les Cayes, seperti di kota-kota lain yang terkena dampak parah di semenanjung barat daya, sebagian besar penduduk menghabiskan malam dengan tidur di luar rumah. Mereka tidur di depan rumah mereka --atau yang tersisa- di tengah kekhawatiran akan gempa susulan.

Jalan-jalan di sana dipenuhi dengan suara alat berat yang mengangkat puing-puing dari bangunan yang runtuh. Serta suara orang-orang yang menarik puing-puing dengan tangan dalam pencarian putus asa untuk menemukan anggota keluarga yang hilang.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Kuba, Nana Yuliana, yang merangkap Haiti menyatakan sejauh ini tidak terdapat WNI yang terkena dampak gempa. Dalam catatan KBRI, saat ini terdapat 10 WNI di Haiti yang bekerja sebagai SPA terapis di Port Au Prince.

"Kami terus berkoordinasi langsung baik dengan Konsul Kehormatan RI maupun WNI di Haiti untuk memantau kondisi para WNI di negara tersebut," kata Nana dalam ketengan tertulis yang diterima detikcom, Senin (16/8).

Pemerintah Indonesia melalui Dubes Nana juga telah menyatakan simpati mendalam kepada pemerintah dan rakyat Haiti atas bencana tersebut. KBRI Havana juga mengimbau kepada para WNI untuk menghubungi hotline KBRI jika memerlukan bantuan.

(lir/gbr)