Lebanon Krisis Parah, Korban Luka Ledakan Maut Tangki BBM Tak Tertangani!

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 15:47 WIB
A picture taken on August 15, 2021, shows people gathering at the site of a fuel tank explosion in the village of Tlel in Lebanons northern region of Akkar. - At least 20 people were killed and nearly 80 others injured when a fuel tank exploded in Lebanons northern region of Akkar, the Red Cross and state media said. The official National News Agency said the explosion took place following scuffles between
Lokasi ledakan tangki bahan bakar di Lebanon (Foto: AFP/FATHI AL-MASRI)
Beirut -

Rumah sakit di Lebanon kewalahan dan tak mampu menangani para korban yang terluka parah dalam insiden ledakan tangki bahan bakar. Mereka harus dirawat di rumah sakit luar negeri untuk menyelamatkan nyawanya.

Menteri Kesehatan Lebanon Hamad Hassan mengatakan kasus luka bakar parah mungkin memerlukan perawatan cepat di luar negeri untuk menyelamatkan nyawa para korban.

"Kami membutuhkan bantuan segera untuk mengevakuasi beberapa yang terluka di luar negeri.. ada kasus (luka bakar) di luar kemampuan rumah sakit Lebanon untuk menanganinya," katanya seperti dilansir Reuters, Minggu (15/8/2021).

Diketahui menurut seorang pejabat Asosiasi Medis Islam, Rashid Maqsood, beberapa korban luka bakar saat ini dikirim ke rumah sakit di dekat Tripoli. Sementara yang lain dikirim ke Beirut.

Ledakan terjadi pada Minggu pagi waktu setempat di kota Altalil, di wilayah Akkar, yang merupakan salah satu daerah termiskin di Lebanon. Belum diketahui pasti penyebab ledakan yang menambah carut-marutnya kondisi Lebanon setelah dinyatakan krisis ekonomi oleh Bank Dunia.

"Sekitar 200 orang berada di dekatnya pada saat ledakan," kata saksi mata.

Kini ada 22 orang tewas dan 79 lainnya mengalami luka bakar. Dari sejumlah korban, diketahui ada personel tentara dan pasukan keamanan.

Menurut sumber militer dan keamanan, para tentara telah menyita tangki penyimpanan bahan bakar yang disembunyikan oleh pedagang gelap dan sedang membagikan bensin kepada warga ketika ledakan terjadi.

Tonton Video: Hizbullah Siap Balas Semua Serangan Israel ke Lebanon

[Gambas:Video 20detik]