Kebakaran Hutan di Yunani Terus Membara, Ribuan Pemadam Dikerahkan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 03:10 WIB
Kebakaran hebat yang melanda Yunani belum bisa dikendalikan bahkan Api  menyebar hingga ke dekat situs sejarah Olympia. Pihak berwenang Yunani memerintahkan warga desa-desa di dekat lokasi Olimpiade kuno di Peloponnese barat untuk dievakuasi.
Foto: AP/Michael Varaklas
Athena -

Ratusan keluarga terpaksa kehilangan tempat tinggalnya akibat kebakaran yang masih terus terjadi di hutan Yunani. Hingga kini sudah ada ribuan pemadam kebakaran beserta alat dukung pemadam yang dikerahkan ke lokasi.

Seperti dilansir AFP, Minggu (8/8/2021), lebih dari 1.450 petugas pemadam dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di hutan Yunani. Tak hanya itu, setidaknya 15 pesawat pemadam kebakaran hingga bala bantuan dari luar negeri juga didatangkan untuk upaya pemadaman api yang masih terus berkobar sejak seminggu lalu.

Salah satu warga yang merupakan seorang pensiunan di Pefkofyto, di utara Athena, Tasos Tsilivakos mengaku kebakaran ini bencana yang mengerikan.

"Ini adalah bencana yang mengerikan," katanya.

"Saya benar-benar takut bahwa mungkin hanya cicit kita yang memiliki kesempatan untuk berjalan lagi di daerah ini," lanjut dia.

Seorang warga lainnya berusia 62 tahun di dekat Agios Stefanos mengatakan kepada Alpha TV bagaimana setelah dievakuasi dia melihat rumahnya terbakar di televisi. "Anak saya masih menangis karena shock," imbuhnya.

Prancis dan Inggris Bantu Yunani

Presiden Prancis Emmanuel Macron mencuit lewat Twitternya bahwa dia telah berbicara dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis tentang krisis tersebut. Dia memastikan pihaknya telah mengerahkan tambahan pemadam kebakaran beserta 3 pesawat pemadam ke Yunani.

"Solidaritas seperti orang Eropa selalu," tweet Macron, mengatakan Prancis telah mengerahkan 80 petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat serta tiga pesawat pemadam kebakaran Canadair.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel juga mentweet pada Sabtu (7/8) bahwa Inggris mengirim "tim pemadam kebakaran berpengalaman untuk mendukung petugas pemadam kebakaran Yunani yang saat ini memerangi kobaran api besar".

Mesir juga diperkirakan akan mengirimkan dua helikopter dan Spanyol satu pesawat Canadair.

(maa/maa)