International Updates

China Perang Total Lawan Varian Delta, PM Malaysia Tolak Mundur

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 18:42 WIB
Stasiun kereta bawah tanah di Beijing ramai penumpang saat jam sibuk. Diketahui, Pemerintah China melakukan sejumlah upaya guna cegah varian baru virus Corona.
Ilustrasi (dok. AP Photo/Andy Wong)
Jakarta -

Otoritas China menerapkan pembatasan perjalanan secara besar-besaran dalam upaya memerangi penyebaran cepat virus Corona (COVID-19) varian Delta. Perdana Menteri (PM) Malaysia, Muhyiddin Yassin, menolak untuk mengundurkan diri di tengah desakan banyak pihak.

Di tengah penyebaran luas varian Delta, otoritas dari 31 wilayah selevel provinsi di China mengimbau warganya tidak melakukan perjalanan ke area-area berisiko sedang dan tinggi untuk penularan Corona. Operasional bandara, layanan kereta api dan bus jarak jauh ditangguhkan sementara.

PM Muhyiddin yang didesak mundur di tengah gejolak politik Malaysia, menegaskan tidak akan mengundurkan diri dari jabatannya. Muhyiddin justru menyatakan akan mengajukan mosi kepercayaan ke parlemen untuk membuktikan dukungan mayoritas parlemen pada pemerintahannya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (4/8/2021):

- Iran Tepis Tuduhan Dalangi Pembajakan Kapal Tanker di Laut Arab

Otoritas Iran membantah keras tuduhan terbaru yang menyebutnya mendalangi pembajakan sebuah kapal tanker berbendera Panama di Laut Arab dekat pantai Uni Emirat Arab (UEA). Iran justru menawarkan bantuan untuk kapal tanker yang dilaporkan dibajak di lepas pantai Fujairah, UEA.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Rabu (4/8/2021), juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, dalam pernyataannya menyebut insiden di Laut Arab dekat pantai UEA itu 'sangat mencurigakan'.

Namun Khatibzadeh dalam pernyataannya membantah tegas bahwa Iran terlibat dalam insiden tersebut. Iran memperingatkan agar tidak ada upaya apapun untuk menciptakan 'atmosfer palsu' terhadap pihaknya.

- China Perang Total Lawan Varian Delta!

Otoritas China menerapkan pembatasan perjalanan secara besar-besaran terhadap warganya di berbagai wilayah demi mengendalikan penyebaran virus Corona (COVID-19), terutama varian Delta, yang semakin meluas. Bandara-bandara setempat ditutup sementara dan warga China diimbau tidak melakukan perjalanan.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Rabu (4/8/2021), seluruh 31 wilayah selevel provinsi di China mengimbau warganya tidak melakukan perjalanan ke area-area berisiko sedang dan tinggi untuk penularan Corona.

Warga juga diminta tidak meninggalkan wilayah tempat tinggal masing-masing kecuali sangat mendesak.

Simak video 'Sejumlah Wilayah di China Batasi Kegiatan Masyarakat':

[Gambas:Video 20detik]