Obama Akan Gelar Pesta Ultah, Politikus Republik Ramai-ramai Mengkritik

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 15:24 WIB
Mantan Presiden AS Barack Obama (AP Photo)
Mantan Presiden AS, Barack Obama (dok. AP Photo)
Washington DC -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menuai kritikan karena berencana menggelar pesta perayaan ulang tahun (ultah) ke-60 dengan mematuhi semua protokol virus Corona (COVID-19) yang berlaku. Kritikan terhadap Obama banyak dilontarkan kalangan politikus Partai Republik.

Seperti dilansir AFP, Selasa (3/8/2021), para politikus Republikan mengkritik Obama karena dianggap menggelar pesta besar di tengah kenaikan kasus Corona yang dipicu varian Delta yang mudah menular.

Dituturkan sejumlah sumber yang dikutip media-media lokal AS bahwa perayaan ulang tahun Obama akan digelar akhir pekan ini di area Martha's Vineyard, dengan mematuhi panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Seluruh tamu yang akan hadir, menurut sumber itu, wajib sudah divaksinasi Corona dan harus memiliki hasil tes negatif Corona.

Disebutkan juga bahwa acara perayaan itu akan digelar secara outdoor atau di luar ruangan. Kemudian seseorang yang disebut 'koordinator COVID' yang perannya belum dijelaskan, juga akan hadir dalam perayaan tersebut.

Ditambah lagi, CDC menyatakan pada Senin (2/8) waktu setempat bahwa Martha's Vineyard yang terletak di negara bagian Massachusetts melaporkan tingkat sedang penularan Corona, yang tidak cukup memicu rekomendasi baru dari otoritas kesehatan bahwa bahkan orang-orang yang sudah divaksin harus memakai masker di dalam ruangan.

Namun demikian, anggota Kongres AS dari Partai Republik, Jim Jordan, yang dikenal sebagai loyalis mantan Presiden Donald Trump, mengkritik Obama dan Partai Demokrat melalui lelucon bernada menyindir via Twitter.