AS Yakini Iran Dalang Penyerangan Kapal Tanker Israel di Oman

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 03:38 WIB
This Jan. 2, 2016 photo shows the Liberian-flagged oil tanker Mercer Street off Cape Town, South Africa. The oil tanker linked to an Israeli billionaire reportedly came under attack off the coast of Oman in the Arabian Sea, authorities said Friday, July 30, 2021, as details about the incident remained few. (Johan Victor via AP)
Kapal tanker Mercer Street yang diserang di perairan Oman dalam foto tahun 2016 (Foto: Johan Victor via AP)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) menyalahkan Iran atas serangan mematikan terhadap sebuah kapal tanker milik pengusaha Israel di lepas pantai Oman. AS menekankan pihaknya akan memberikan respons terkait penyerangan itu.

Dilansir AFP, Senin (2/8/2021) kapal tanker MT Mercer Street dihantam Kamis di Samudra Hindia bagian utara menewaskan dua anggota awak. AS menyebut serangan itu sebagai gaya serangan drone atau pesawat tak berawak.

"Setelah meninjau informasi yang tersedia, kami yakin bahwa Iran melakukan serangan ini," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan bahwa serangan itu dilakukan menggunakan pesawat tak berawak. Blinken mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan langkah selanjutnya.

"Kami bekerja dengan mitra kami untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya dan berkonsultasi dengan pemerintah di dalam kawasan dan di luar tentang tanggapan yang tepat, yang akan datang," tambah Blinken.

Inggris juga mengatakan Minggu bahwa pihaknya yakin Iran sengaja melakukan serangan itu dalam "pelanggaran yang jelas terhadap hukum internasional," katanya.

Minggu pagi, Iran membantah terlibat dalam serangan itu. Juru bicara kementerian luar negeri Saeed Khatibzadeh mengatakan Israel "harus menghentikan tuduhan tak berdasar seperti itu."

"Iran tidak akan ragu sejenak untuk mempertahankan... kepentingan dan keamanan nasionalnya," katanya dalam konferensi pers.

(lir/lir)