Wapres AS Akan Kunjungi Vietnam dan Singapura Bulan Depan

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 17:26 WIB
Democratic vice presidential candidate Sen. Kamala Harris, D-Calif., speaks at a campaign event Tuesday, Oct. 27, 2020, in Las Vegas. (AP Photo/John Locher)
Kamala Harris (dok. AP/John Locher)
Washington DC -

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Kamala Harris, dijadwalkan akan mengunjungi Vietnam dan Singapura bulan depan. Kunjungan Harris ini dimaksudkan membahas isu keamanan regional dan respons pandemi virus Corona (COVID-19) secara global.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (31/7/2021), rencana kunjungan Harris itu diumumkan Gedung Putih pada Jumat (30/7) waktu setempat.

"Untuk memperkuat hubungan dan memperluas kerjasama ekonomi dengan dua mitra penting Amerika Serikat di Indo-Pasifik," demikian pernyataan penasihat senior Gedung Putih, Symone Sanders.

Sanders menambahkan bahwa AS memiliki 'prioritas teratas untuk membangun kembali kemitraan global dan menjaga keamanan negara kita, dan kunjungan mendatang ini akan melanjutkan kinerja tersebut -- memperdalam keterlibatan kami di Asia Tenggara'.

Harris akan menjadi Wapres AS pertama yang berkunjung ke Vietnam. Jadwal lengkap untuk kunjungan ke kawasan Asia Tenggara pada Agustus mendatang itu belum dirilis secara resmi oleh Gedung Putih.

Kunjungan ini dilakukan saat China semakin mengadopsi sikap tegas di Laut China Selatan, yang menjadi sengketa banyak negara, salah satunya Vietnam.

Presiden Joe Biden diketahui ingin mengatur kembali hubungan AS dengan negara-negara Asia dan membangun aliansi untuk menghadapi China, setelah turbulensi dan ketidakpastian pada era mantan Presiden Donald Trump.

Pekan ini, Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, juga melakukan kunjungan ke kawasan Asia Tenggara. Dalam pidatonya di Singapura pada Selasa (27/7) waktu setempat, Austin menyebut klaim China atas sebagian besar perairan Laut China Selatan 'tidak memiliki dasar dalam hukum internasional' dan menekankan bahwa AS akan mendukung negara-negara dalam mempertahankan hak-hak mereka.

(nvc/idh)