Mantan Kardinal AS Didakwa Pelecehan Seksual Anak

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 15:14 WIB
FILE PHOTO: Cardinal Theodore Edgar McCarrick during an interview with Reuters at the North American College at the Vatican February 14, 2013. Picture taken February 14, 2013.  REUTERS/Alessandro Bianchi/File Photo
Theodore McCarrick (REUTERS/Alessandro Bianchi/File Photo)
Washington DC -

Mantan Kardinal Amerika Serikat (AS), Theodore McCarrick, didakwa melakukan pelecehan seksual terhadap seorang remaja laki-laki. McCarrick menjadi pejabat paling senior dalam Gereja Katolik Roma di AS yang menghadapi dakwaan pidana terkait skandal pelecehan seks besar-besaran dalam tubuh gereja.

Seperti dilansir AFP, Jumat (30/7/2021), McCarrick yang berusia 91 tahun ini dijerat tiga dakwaan penyerangan tidak senonoh dan tindak pemukulan terhadap seorang anak berusia di atas 14 tahun. Dakwaan dijeratkan di pengadilan distrik Massachusetts, AS, pekan ini.

McCarrick yang juga mantan Uskup Agung Washington DC ini dipecat dari Gereja Katolik Roma pada tahun 2019. Dia menjadi tokoh Gereja Katolik dengan jabatan tertinggi yang dipecat pada era modern. Kardinal merupakan pejabat tinggi Gereja Katolik Roma yang ditunjuk langsung oleh Paus.

Dia sebelumnya dinyatakan bersalah oleh Vatikan atas tindak pelecehan seksual terhadap seorang remaja laki-laki tahun 1970-an dan melakukan pelecehan seksual dengan para seminari dewasa.

McCarrick yang berperan penting dalam penggalangan dana untuk Takhta Suci dari kalangan pendonor kaya di AS, dilucuti dari jabat Kardinal AS tahun 2018 sebelum dia kehilangan status pastor-nya setahun kemudian.

Laporan Vatikan setebal 450 halaman yang dirilis tahun 2020 menyimpulkan bahwa McCarrick mampu menempati jabatan tinggi meskipun dilanda tuduhan pelecehan seksual selama bertahun-tahun.

McCarrick juga menghadapi sejumlah gugatan hukum oleh para penuduh lainnya, namun ini menjadi kasus pidana pertamanya.