Arab Saudi Izinkan Masuk Turis Asing Sudah Divaksin Mulai 1 Agustus

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 09:29 WIB
A Saudi Arabian flag flies on Saudi Arabias consulate in Istanbul on October 4, 2018. - Jamal Khashoggi, a veteran Saudi journalist who has been critical towards the Saudi government has gone missing after visiting the kingdoms consulate in Istanbul on October 2, 2018, the Washington Post reported. (Photo by OZAN KOSE / AFP)
Ilustrasi (dok. AFP/OZAN KOSE)
Riyadh -

Para pengunjung dari berbagai negara yang telah divaksin virus Corona (COVID-19) secara penuh akan diperbolehkan masuk ke wilayah Arab Saudi. Turis asing yang sudah divaksin akan bisa masuk Saudi mulai 1 Agustus tanpa perlu menjalani karantina.

Seperti dilansir Arab News, Jumat (30/7/2021), hal tersebut disampaikan Kementerian Pariwisata Saudi dalam pengumumannya pada Kamis (29/7) waktu setempat.

Disebutkan Kementerian Pariwisata bahwa para turis dari berbagai negara akan bisa masuk ke wilayah Saudi asalkan memenuhi kriteria yang ditetapkan, mulai 1 Agustus mendatang.

Pernyataan kementerian menjelaskan lebih lanjut bahwa orang-orang yang disuntik vaksin Corona sepenuhnya merupakan mereka yang telah menerima dua dosis vaksin Corona yang telah disetujui oleh Kerajaan Saudi, yakni vaksin Pfizer-BioNTech, AstraZeneca atau Moderna.

Para pengunjung asing yang akan masuk Saudi juga diwajibkan mendaftarkan data mereka terkait status vaksinasi ke dalam portal elektronik baru yang ditetapkan. Data mereka juga akan dicatat melalui aplikasi Tawakkalna, dan harus ditunjukkan setiap kali memasuki tempat-tempat umum.

"Kami kembali menyambut turis, dan kami sangat senang untuk menerima tamu Kerajaan lagi setelah terhenti karena dampak pandemi virus Corona," ucap Menteri Pariwisata Saudi, Ahmed Al-Khatib.

Simak Video: Ancaman Mengintai Warga Arab Saudi yang Nekat ke Indonesia

[Gambas:Video 20detik]