Pria Palestina Ditembak Mati Tentara Israel di Tepi Barat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 09:29 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria Palestina tewas akibat tembakan tentara Israel di wilayah Tepi Barat, di mana terjadi bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan Israel selama berminggu-minggu.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (28/7/2021), Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan, Shadi Omar Lotfi Salim (41) ditembak mati di dekat Beita pada Selasa (27/7) malam waktu setempat.

Wakil Wali Kota Beita, Mussa Hamayel mengatakan kepada AFP bahwa tentara Israel membunuh pria itu saat memasuki desa sekembalinya dari bekerja.

"Dia dibunuh dengan keji," cetus Hamayel, seraya menambahkan bahwa tidak ada aksi protes di daerah itu pada Selasa (27/7) malam.

Militer Israel mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa ketika sedang bertugas rutin, tentara "melihat seorang tersangka Palestina di daerah itu."

"Ketika warga Palestina itu mulai bergerak cepat menuju pasukan dengan benda mencurigakan yang diidentifikasi sebagai batang besi di tangannya, pasukan beroperasi untuk menghentikan tersangka dengan mengikuti prosedur standar, termasuk dengan melepaskan tembakan peringatan ke udara," kata militer Israel, IDF dalam sebuah pernyataan.

"Ketika tersangka terus maju, komandan pasukan menembak ke arah tersangka. Insiden itu akan diselidiki," imbuh militer Israel.

Lihat juga video 'KPK Beberkan Konstruksi Kasus Pengadaan Tanah di Munjul Pondok Ranggon!':

[Gambas:Video 20detik]