Vietnam Mulai Produksi Vaksin Sputnik V Asal Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 18:11 WIB
A medical worker moves a box of Russias Sputnik V coronavirus vaccine out from a refrigerator prior to administering a vaccination in Moscow, Russia, Saturday, Dec. 5, 2020. Thousands of doctors, teachers and others in high-risk groups have signed up for COVID-19 vaccinations in Moscow starting Saturday, a precursor to a sweeping Russia-wide immunization effort. (AP Photo/Pavel Golovkin)
Ilustrasi -- Vaksin Sputnik V buatan Rusia (dok. AP/Pavel Golovkin)
Hanoi -

Rusia mengumumkan bahwa batch vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Sputnik V mulai diproduksi untuk pertama kalinya di Vietnam. Produksi vaksin Rusia ini dilakukan saat Vietnam menghadapi gelombang baru penularan Corona di wilayahnya.

Seperti dilansir AFP, Rabu (21/7/2021), Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) -- yang mendanai Sputnik V -- dalam pernyataannya menuturkan bahwa produksi batch uji coba ini dilakukan dalam kemitraan antara Rusia dengan perusahaan farmasi milik negara di Vietnam, Vabiotech.

Sampel pertama dari batch itu akan dikirimkan ke pengembang vaksin Sputnik V, Pusat Gamaleya, di Moskow untuk menjalani pemeriksaan kualitas.

"RDIF dan Vabiotech secara aktif bekerja sama dalam proses transfer teknologi untuk memberikan akses lebih mudah kepada Sputnik V bagi populasi Vietnam," sebut CEO RDIF, Kirill Dmitriyev, dalam pernyataannya.

Presiden Vabiotech, Dat Duan Do, menyambut baik pengumuman itu dengan menyebutnya 'akan membantu menyediakan vaksin yang berkualitas dan terjangkau' untuk Vietnam dan negara-negara lain di kawasan.

Diketahui bahwa Vietnam baru-baru ini menghadapi lonjakan kasus Corona, dengan pemerintah setempat menempatkan sepertiga dari total 100 juta jiwa populasinya di bawah perintah tetap di rumah untuk mengendalikan penyebaran virus.

Untuk vaksinasi, Vietnam tergolong lamban dalam mendapatkan pasokan dan melakukan penyuntikan vaksin Corona. Hingga Senin (19/7) waktu setempat, tercatat barus 4,3 juta dosis vaksin Corona yang diberikan kepada warga Vietnam.