Minibus Pembawa Imigran Kecelakaan di Turki, 12 Orang Tewas

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 17:57 WIB
Ankara -

Sebuah minibus yang membawa para imigran dari berbagai negara mengalami kecelakaan di Turki Timur. Akibat insiden tersebut, 12 orang tewas dan 26 lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dilansir Associated Press dan Reuters, Minggu (11/7/2021) kendaraan tersebut diketahui jatuh ke sebuah parit di dekat Yumaki, provinsi Van, yang berbatasasan dengan Iran pada malam hari. Minibus tersebut kemudian terbalik dan terbakar pada Sabtu (10/7) malam waktu setempat.

Dalam sebuah siaran televisi setempat, tampak imigran yang selamat terlihat kesakitan usai terhimpit di puing-puing yang terbakar. Mereka diselamatkan dan kini dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan.

Identitas para korban yang tewas belum diumumkan. Namun kepolisian kini sudah mengamankan pemilik bus naas tersebut.

Diketahui Turki menjadi titik transit para migran, kebanyakan dari Iran, Afghanistan dan Pakistan, untuk menuju negara-negara Eropa. Mereka kerap melintasi perbatasan Iran ke Turki dengan berjalan kaki dan kemudian dibawa ke kota-kota besar seperti Istanbul dan Ankara.

"Penarikan tentara Amerika Serikat dari Afghanistan kian mendorong lebih lbanyak pemuda melintasi rute pegunungan tersebut," menurut presiden Pusat Studi Suaka dan Migrasi yang berbasis di Ankara, Metin Corabatir.

Kecelakaan kendaraan pembawa para migran juga pernah terjadi pada Juni 2020. Saat itu, lebih dari 60 migran tenggelam di Danau Van ketika kapal mereka tenggelam.

(izt/dnu)