Korsel Cetak Rekor Kasus Harian Corona Tertinggi 3 Hari Berturut-turut

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 10:13 WIB
Korea Selatan kembali memperketat pembatasan sosial. Hal ini dilakukan seiring meningkatnya jumlah kasus virus Corona di negara tersebut.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Korsel (dok. AP Photo)
Seoul -

Sudah tiga hari berturut-turut Korea Selatan (Korsel) mencetak rekor kasus harian virus Corona (COVID-19) tertinggi di wilayahnya. Untuk rekor terbaru, Korsel mencatat lebih dari 1.300 kasus Corona dalam 24 jam terakhir.

Seperti dilansir Reuters dan Yonhap News Agency, Sabtu (10/7/2021), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan bahwa 1.378 kasus Corona terdeteksi dalam sehari. Dari jumlah itu, sebanyak 1.320 kasus di antaranya merupakan kasus lokal atau penularannya terjadi di tengah masyarakat.

Angka itu menggeser rekor tertinggi sebelumnya yang tercatat pada Jumat (9/7) waktu setempat, saat Korsel melaporkan 1.316 kasus Corona dalam sehari.

Lonjakan ini juga menandai untuk pertama kalinya jumlah kasus harian Corona di Korsel melebihi 1.200 kasus selama empat hari berturut-turut. Secara detail, Korsel diketahui melaporkan 1.212 kasus pada Rabu (7/7), kemudian naik menjadi 1.275 kasus pada Kamis (8/7) dan naik lagi menjadi 1.316 kasus pada Jumat (9/7).

Lonjakan demi lonjakan kasus terus tercatat di Korsel yang tengah menghadapi gelombang keempat Corona. Dengan lonjakan terbaru itu, total 166.722 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Korsel.

KDCA juga melaporkan dua kematian akibat Corona dalam 24 jam terakhir, sehingga total kematian di Korsel kini mencapai 2.038 orang.

Di tengah kenaikan kasus, otoritas Korsel memutuskan untuk memperketat pembatasan Corona hingga level tertinggi terutama di ibu kota Seoul dan sekitarnya. Pengetatan pembatasan akan dilakukan selama dua pekan.

Tonton juga Video: Menlu RI-Korsel Bertemu, Sepakati Kerja Sama Penanganan Covid-19

[Gambas:Video 20detik]