China Kecam Jepang Soal Komentar Taiwan Perlu Dibela Jika Diserang

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 17:16 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Ilustrasi (dok.ebcitizen.com)
Beijing -

Otoritas China mengecam pernyataan Wakil Perdana Menteri Jepang, Taro Aso, soal Jepang bersama dengan Amerika Serikat (AS) perlu membela Taiwan jika diserang.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Rabu (7/7/2021), juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menyebut pernyataan Taro itu berbahaya.

"Pernyataan itu sangat salah dan berbahaya, karena melanggar prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam empat dokumen politik antara China dan Jepang, dan membahayakan fondasi politik hubungan China-Jepang," tegas Zhao dalam press briefing di Beijing pada Selasa (6/7) waktu setempat.

"China menyesalkan ini dan menolaknya dan telah mengirimkan perwakilan serius kepada Jepang," imbuhnya.

Pernyataan Aso yang dikecam oleh China itu disampaikan dalam acara penggalangan dana anggota parlemen dari Partai Liberal Demokratik Jepang. Dalam pernyataannya, Aso mencetuskan bahwa Jepang bersama AS perlu membela Taiwan jika diserang.

Aso menyebut serangan terhadap Taiwan bisa berkaitan dengan 'situasi yang mengancam kelangsungan hidup' Jepang. Hal itu merujuk pada situasi di mana terjadi serangan bersenjata terhadap negara lain yang menjalin hubungan dekat dengan Jepang, yang pada gilirannya memberikan risiko yang jelas mengancam kelangsungan hidup Jepang.

Situasi semacam itu menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi agar Jepang bisa mempraktikkan haknya mempertahankan diri secara kolektif, atau membantu sekutu yang diserang.