Apartemen Ambruk di Florida, 5 Orang Dilaporkan Tewas

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Jun 2021 11:56 WIB
Miami -

Korban tewas akibat insiden ambruknya sebuah gedung apartemen di negara bagian Florida kini bertambah. Dilaporkan kini ada lima orang yang tewas dan 156 orang lainnya masih belum ditemukan.

Seperti dilansir dari AFP, Minggu (27/6/2021), insiden ambruknya gedung apartemen terjadi pada Kamis (24/6) waktu setempat. Gedung apartemen yang ambruk ini berlokasi di tepi pantai, tepatnya di kawasan Surfside, dekat Miami, Florida, Amerika Serikat.

"Hari ini tim pencarian dan penyelamatan kami menemukan mayat lain di puing-puing bangunan," kata Wali Kota Miami-Dade County Daniella Levine Cava.

"Itu berarti bahwa yang belum ditemukan sekarang turun menjadi 156, kematian yang dikonfirmasi sekarang menjadi total lima," katanya.

Masyarakat membangun sebuah tugu peringatan di sekitar lokasi tempat ambruknya gedung apartemen. Mereka mengirimkan bunga, menyalakan lilin, serta memasang sejumlah foto para korban yang masih hilang.

Hingga kini, pihak berwenang dan ahli belum menemukan penyebab runtuhnya Champlain Tower South tersebut.

Menurut laporan dari konsultan teknik yang mempelajari bangunan itu pada tahun 2018,ditemukan "kerusakan struktural besar" pada pelat beton di bawah lantai dasar kolam renang dan retakan yang cukup banyal di garasi parkir.

"Kegagalan untuk mengganti waterproofing dalam waktu dekat akan menyebabkan tingkat kerusakan beton meluas secara eksponensial," demikian peringatan laporan dari perusahaan Konsultan Morabito.

"Sebagian besar kerusakan mungkin disebabkan oleh paparan garam korosif selama bertahun-tahun di sepanjang pantai Florida Selatan," katanya.