Corona Varian Delta Mengganas, Sydney Lockdown Seminggu

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 10:50 WIB
Jakarta -

Penduduk di empat kawasan di pusat kota Sydney, negara bagian New South Wales, Australia diperintahkan untuk tetap di rumah selama seminggu, guna mengendalikan lonjakan penyebaran wabah varian Delta virus Corona yang sangat menular.

Puluhan kasus infeksi Corona telah dilaporkan minggu ini, terkait dengan seorang pengemudi limosin yang terinfeksi Corona ketika ia mengangkut awak penerbangan internasional dari bandara Sydney ke hotel karantina.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (25/6/2021), keputusan untuk lockdown ini berlaku mulai Jumat (25/6). Premier atau pemimpin negara bagian New South Wales (NSW), Gladys Berejiklian memerintahkan siapa saja yang tinggal atau bekerja di daerah yang terkena dampak selama dua minggu terakhir untuk tinggal di rumah.

Berejiklian mengatakan, para pekerja di kawasan pusat bisnis kota dimasukkan dalam pembatasan ini karena khawatir para komuter berpotensi menyebarkan virus ke bagian lain kota Sydney.

"Kita telah melakukan lebih baik dari yang diharapkan dalam hal pelacakan kontak," kata Berejiklian.

"Tetapi apa yang dilakukan adalah memastikan bahwa kita tidak melewatkan rantai penularan komunitas," imbuhnya.

Mereka yang berada di bawah perintah lockdown (penguncian) hanya akan diizinkan meninggalkan rumah untuk alasan penting, termasuk membeli makanan atau jika mereka tidak dapat bekerja dari rumah.