Corona Diprediksi Sudah Mulai Menyebar di China pada Oktober 2019

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 10:25 WIB
Tim peneliti WHO mendatangi Wuhan,China, untuk selidiki asal-usul virus Corona. Salah satu lokasi yang ddatangi tim peneliti WHO adalah Pasar Baishazhou.
Ilustrasi -- Momen saat tim pakar WHO mengunjungi pasar di Wuhan sebagai bagian dari penyelidikan asal-usul virus Corona beberapa waktu lalu (dok. AP Photo/Ng Han Guan)
London -

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa virus Corona (COVID-19) bisa saja telah mulai menyebar di wilayah China paling awal Oktober 2019, atau dua bulan sebelum kasus pertama Corona secara resmi terdeteksi di kota Wuhan.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (25/6/2021), hasil studi itu didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Kent, Inggris, yang menggunakan metode dari ilmu konservasi yang memperkirakan SARS-CoV-2 pertama kali muncul pada awal Oktober hingga pertengahan November 2019.

Hasil studi itu telah dipublikasikan dalam jurnal PLOS Pathogens.

Para peneliti dalam studi itu memperkirakan bahwa kemungkinan besar tanggal kemunculan virus Corona adalah 17 November 2019, dan Corona diperkirakan sudah menyebar secara global sejak Januari 2020.

Otoritas China secara resmi melaporkan kasus Corona pertama di wilayahnya pada Desember 2019, dan kasus pertama itu terkait dengan pasar makanan laut Huanan di Wuhan.

Namun, sejumlah kasus-kasus awal Corona diketahui tidak memiliki keterkaitan dengan Huanan, yang menyiratkan bahwa SARS-CoV-2 sebenarnya sudah menyebar sebelum mencapai pasar di Wuhan tersebut.

Sebuah studi gabungan yang dipublikasikan China dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada akhir Maret lalu mengakui bahwa mungkin ada penularan manusia yang sporadis sebelum wabah Corona terdeteksi di Wuhan.

Simak juga video 'WHO Khawatir Varian 'Delta Plus' Bakal Lebih Ganas':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2