Corona Melonjak, Moskow Wajibkan Vaksinasi Bagi Pekerja

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 10:42 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine.
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Jakarta -

Wali Kota Moskow memerintahkan vaksinasi wajib bagi penduduk ibu kota Rusia yang bekerja di sektor jasa, dengan alasan peningkatan "dramatis" dalam infeksi virus Corona.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (17/6/2021), pengumuman yang disampaikan oleh Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin pada Rabu (16/6) waktu setempat ini, merupakan salah satu perintah vaksinasi wajib pertama untuk kota besar dunia. Ini merupakan pengakuan nyata dari seorang pejabat senior Rusia bahwa pihak berwenang sedang berjuang untuk mengendalikan pandemi.

Rusia telah mencabut sebagian besar pembatasan tahun lalu, dan negara itu telah menggelar acara-acara besar secara langsung, seperti forum ekonomi baru-baru ini di Saint Petersburg dan menjadi tuan rumah Euro 2020.

Presiden Vladimir Putin telah berulang kali mengisyaratkan Rusia bergerak melampaui virus Corona dan mengklaim negaranya menangani wabah global ini lebih baik daripada kebanyakan negara lain. Rusia mencatat jumlah kasus infeksi Corona tertinggi keenam di dunia.

"Kita hanya harus melakukan segalanya untuk melakukan vaksinasi massal dalam waktu sesingkat mungkin dan menghentikan penyakit mengerikan ini, menghentikan kematian ribuan orang," tulis Sobyanin dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Pejabat-pejabat kesehatan di Moskow dalam beberapa pekan terakhir melaporkan peningkatan yang stabil dalam jumlah kasus baru COVID-19, yang mencerminkan tren di seluruh Rusia.

Peningkatan kasus itu terjadi ketika pihak berwenang berjuang keras untuk mendorong warga Rusia bersedia divaksinasi, meskipun negara itu meluncurkan kampanye massal vaksinasi gratis pada bulan Desember lalu.

Simak video 'Wali Kota Moskow Minta Warga Libur Sepekan Gegara Covid-19 Melonjak':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2