Pedofil Asal Australia Ditangkap di Thailand Usai Buron 6 Bulan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 17:06 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Bangkok -

Seorang warga negara Australia yang dituduh melakukan kejahatan seksual terhadap anak-anak berhasil ditangkap di provinsi Tak yang ada di perbatasan Thailand. Warga Australia itu ditangkap setelah buron selama enam bulan.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (15/6/2021), otoritas Thailand berhasil melacak dan menangkap pria Australia bernama Adam James Fox itu di kota terpencil Mae Sot, dekat perbatasan Myanmar.

Dia ditangkap dalam operasi yang dilakukan setelah surat perintah penangkapan dirilis oleh Pengadilan Provinsi Mae Sot ketika dia tidak menghadiri sidang pada Desember tahun lalu.

Dia sebelumnya didakwa atas kejahatan seks terhadap anak dan pelanggaran imigrasi, dan mendapat pembebasan dengan jaminan oleh Pengadilan Banding.

"(Fox) Seharusnya hadir di pengadilan, tapi dia tidak muncul. Akibatnya, pengadilan merilis surat perintah penangkapan sehingga dia bisa dibawa," ucap Wakil Inspektur pada Kantor Imigrasi Tak, Letnan Kolonel Polisi Suchart Penphu, kepada Channel News Asia.

"Surat perintah itu diterbitkan pada 1 Desember dan petugas pengadilan telah memantau kasusnya hingga 2 Juni, ketika dia ditemukan tinggal di sebuah rumah baru," imbuhnya.

Suchart menambahkan bahwa methamphetamine atau sabu-sabu kristal juga ditemukan di rumahnya saat penangkapan dilakukan.