Petinggi Militer Kanada Mundur Gegara Kontroversi Golf

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 14:53 WIB
CARMEL, IN - SEPTEMBER 10:  Rosie Jones of the USA plays a bunker shot on the 15th hole during the Saturday afternoon four-ball matches at the Solheim Cup at Crooked Stick Golf Club on September 10, 2005 in Carmel, Indiana.  (Photo by Scott Halleran/Getty Images)
ilustrasi (Foto: Scott Halleran/Getty Images)
Ottawa -

Pejabat tinggi nomor dua di jajaran militer Kanada mengumumkan pengunduran dirinya setelah kedapatan main golf bersama seorang pensiunan jenderal yang tengah diselidiki atas dugaan pelanggaran seksual.

Seperti dilansir AFP, Selasa (15/6/2021), aktivitas Letnan Jenderal Mike Rouleau bermain golf dengan pensiunan mantan Kepala Staf Militer, Jenderal Jonathan Vance, itu menarik perhatian publik di tengah kekhawatiran soal potensi konflik kepentingan oleh Rouleau.

Secara hierarki, Rouleau merupakan atasan dari kepala kepolisian militer Kanada yang sedang menyelidiki Vance.

Vance yang pensiun pada Januari lalu, membantah tengah melakukan tindak pelanggaran seksual tersebut.

Dalam surat pengunduran dirinya pada Senin (14/6) waktu setempat, Rouleau mengakui dirinya sempat bermain golf dengan Vance dan komandan Angkatan Laut Kanada pada 2 Juni lalu. Namun dia memastikan dirinya tidak membahas penyelidikan yang sedang berlangsung.

"Saya tidak pernah mengeluarkan instruksi atau panduan apapun kepada CFPM (polisi militer Kanada-red) terkait penyelidikan polisi militer yang sedang berlangsung, termasuk yang melibatkan pelanggaran seksual," tegas Rouleau dalam suratnya.

Lebih lanjut, Rouleau menyatakan dirinya menerima 'sepenuhnya' bagaimana keputusannya bermain golf 'telah mengintensifkan kejadian baru-baru ini dan berkontribusi pada pengikisan kepercayaan' di militer.