Demi Usir COVID, Penduduk Desa di India Bangun Kuil Dewi Corona

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 16:17 WIB
Hindu devotees gather on the banks of the Ganges River on the day of Shahi Snan (Royal Bath) during the ongoing religious Kumbh Mela festival, in Haridwar on April 12, 2021. (Photo by Money SHARMA / AFP)
Penduduk desa di India membangun kuil 'dewi corona' dengan harapan untuk usir COVID-19/Ilustrasi (Foto: AFP/MONEY SHARMA)
New Delhi -

Penduduk sebuah desa di India membangun sebuah kuil baru untuk 'Dewi Corona'. Para penduduk berharap pembangunan kuil dapat membantu mengusir virus COVID-19 yang kini melanda negara bekas jajahan Inggris tersebut.

Diketahui kuil untuk 'Dewi Corona' atau yang dikenal juga dengan 'Corona Mata' dibangun di desa Shuklapur, negara bagian utara Uttar Pradesh. Penduduk memberikan persembahkan doa, air suci dan bunga di kuil kuning sejak mereka mendirikannya minggu ini.

"Mungkin dengan restunya warga desa, desa kami, dan semua orang mendapat sedikit bantuan," kata seorang warga yang bernama Sangeeta, seperti dilansir dari Reuters, Minggu (13/6/2021).

Pada April hingga saat ini, India menjadi salah satu negara yang amat terpukul akibat pandemi COVID-19. Angka kasus harian mencapai rekor selama beberapa waktu, namun kini mulai menurun.

Doa para penduduk desa Shuklapur memang belum sepenuhnya terjawab karena masih adanya sejumlah kasus di wilayah mereka. Namun kini jumlah kasus jauh lebih rendah dibanding puncak pandemi beberapa waktu lalu.

Menurut data Kementerian Kesehatan India, per Sabtu (13/6) ada 84.332 kasus baru COVID-19 dimana jumlah ini merupakan kasus terendah dalam dua bulan terakhir. Sementara jumlah total kematian mencapai 367.081 kasus sejak pandemi memasuki India.

Sebelumnya, rumah sakit di India kehabisan tempat tidur dan oksigen selama gelombang kedua virus Corona yang menghancurkan pada bulan April dan Mei lalu. Saat itu, banyak orang meninggal di tempat parkir di luar rumah sakit dan di rumah-rumah mereka.

India mencatat jumlah kasus COVID-19 tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat, tetapi temuan beberapa ribu kematian yang sebelumnya tidak dilaporkan di negara bagian Bihar, telah menimbulkan kecurigaan bahwa lebih banyak lagi korban virus Corona belum dimasukkan dalam angka resmi.

Simak video 'Ekonomi India Sekarat Diterjang Gelombang Kedua Pandemi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/knv)