Dukung Keluarga Muslim yang Dibunuh, Ribuan Warga Kanada Turun ke Jalan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 11:42 WIB
People attend a memorial at the location where a family of five was hit by a driver, in London, Ontario, Monday, June 7, 2021. Four of the members of the family died and one is in critical condition. A 20-year-old male has been charged with four counts of first degree murder and count of attempted murder in connection with the crime. (Brett Gundlock/The Canadian Press via AP)
warga Kanada berkumpul di lokasi kejadian (Foto: AP/Brett Gundlock)
Jakarta -

Ribuan orang turun ke jalan untuk mendukung sebuah keluarga Muslim di Kanada yang ditabrak mati oleh seorang pria yang mengendarai truk pick-up pada hari Minggu (6/6) lalu. Empat anggota keluarga Muslim tersebut tewas dalam sebuah serangan yang digambarkan polisi sebagai kejahatan rasial. Polisi menyebut serangan itu telah direncanakan.

Keempat korban, yang mencakup tiga generasi, tewas ketika Nathaniel Veltman (20) menabrak mereka saat mereka sedang jalan-jalan sore di dekat rumah mereka. Anggota kelima keluarga tersebut, seorang anak laki-laki berusia 9 tahun, selamat.

Seperti dilansir dari kantor berita Reuters dan The Star, Sabtu (12/6/2021), pada Jumat (11/6) waktu setempat, orang-orang di kota London, Ontario berjalan kaki sekitar 7 kilometer (4,4 mil) dari tempat di mana keluarga itu ditabrak, menuju sebuah masjid terdekat, dekat dengan tempat Veltman ditangkap oleh polisi.

Beberapa warga membawa plakat dengan pesan bertuliskan 'Kebencian tak punya tempat di sini', 'Cinta di atas kebencian.' Acara serupa diadakan di kota-kota lain di Ontario, provinsi terpadat di Kanada.

"Bagian terbaiknya bukan hanya jumlahnya ... tetapi keragaman orang-orang yang datang dari setiap komunitas di London, bersatu untuk tujuan ini," kata mahasiswa berusia 19 tahun Abdullah Al Jarad yang ikut aksi damai tersebut.

Serangan itu memicu kemarahan di seluruh Kanada, dengan politisi dari semua pihak mengutuk kejahatan itu. Mereka mendorong seruan untuk mengambil tindakan guna untuk menghentikan kejahatan rasial dan Islamofobia.

Simak Video: Satu Keluarga Muslim Dibunuh, PM Kanada: Islamofobia Itu Nyata

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2