Round-Up

Tercatat Sejarah di AS Saat Hakim Federal Muslim Disetujui Senat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 20:31 WIB
Zahid N. Quraishi, nominee to be US District Judge for the District of New Jersey, testifies  during a Senate Judiciary Committee hearing on pending judicial nominations on Capitol Hill in Washington,DC on April 28, 2021. (Photo by Tom Williams / POOL / AFP)
Zahid Quraishi (Foto: Tom Williams/POOL/AFP)
Washington DC -

Ada sejarah tercatat usai Senat Amerika Serikat (AS) menyetujui seorang muslim menjadi hakim federal. Hal ini menjadi yang pertama kali terjadi di AS.

Sosok yang disetujui menjadi hakim federal itu adalah Zahid Quraishi. Senat AS menyetujui Quraishi sebagai hakim distrik New Jersey dalam voting yang digelar Kamis (10/6/2021) waktu setempat.

Dilansir dari CNN, Jumat (11/6/2021), Presiden Joe Biden menunjuk Quraishi sebagai calon hakim federal AS pada Maret 2021. Penunjukan itu dilakukan untuk memberikan keberagaman latar belakang, pengalaman, dan perspektif yang luas untuk memperkuat AS.

"Quraishi akan menjadi Muslim Amerika pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang menjabat sebagai hakim federal Pasal III. Agama terbesar ketiga di Amerika Serikat, dan dia akan menjadi yang pertama untuk menjabat sebagai hakim Pasal III," ucap pemimpin mayoritas Senat AS, Chuck Schumer, sebelum voting digelar.

"Kita harus memperluas, tidak hanya keberagaman demografi, tapi juga keberagaman profesional, dan saya tahu bahwa Presiden Biden setuju dengan saya dalam hal ini, dan ini akan menjadi sesuatu yang akan saya lakukan," imbuhnya.

Schumer mengatakan Quraishi menjadi contoh 'kuat' untuk hal tersebut. Berdasarkan hasil voting Senat AS, seperti dilaporkan The Hill dan dilansir Xinhua News Agency, menunjukkan 81 Senator mendukung Quraishi menjadi hakim distrik AS untuk pengadilan distrik New Jersey. Sementara, 16 orang Senator lainnya menolak.

Berdasarkan laporan dari The Hill, ada 32 Senator Partai Republik bergabung dengan para Senator Partai Demokrat yang mendukung penetapan Quraishi sebagai hakim federal AS.