98 Awak Kapal Angkatan Laut Malaysia Positif Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 18:45 WIB
Malaysia mulai melakukan lockdown total per tanggal 1 Juni 2021. Lockdown dilakukan usai kasus COVID-19 di negara tersebut terus mencetak rekor.
Ilustrasi -- Situasi di Malaysia saat lockdown Corona (dok. AP Photo/Vincent Thian)
Kuala Lumpur -

Kementerian Pertahanan Malaysia mengumumkan bahwa 98 anak buah kapal Angkatan Laut Malaysia dinyatakan positif virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir kantor berita Bernama, Selasa (8/6/2021), Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, mengumumkan bahwa para awak kapal KD Mahawangsa itu melakukan tes rapid antigen sebelum naik kapal, namun dinyatakan positif Corona setelah beberapa hari berada di kapal.

Menurut Ismail Sabri, tidak ada satupun awak kapal militer Malaysia itu yang menunjukkan gejala-gejala Corona.

Ditambahkan bahwa seluruh awak kapal yang positif Corona telah diisolasi dan ditempatkan di bawah karantina ketat.

Berbicara dalam konferensi pers pada Selasa (7/6) waktu setempat, Ismail Sabri menyatakan semua awak kapal militer itu akan dites kembali setelah 10 hari dan akan diizinkan turun dari kapal jika hasil tes mereka negatif Corona.

Lebih lanjut, Ismail Sabri menyatakan bahwa Kementerian Pertahanan belum bisa menentukan bagaimana para awak kapal itu bisa tertular Corona.

"Seperti yang kita ketahui, COVID-19 ada di masyarakat. Para awak kapal ini pasti terinfeksi COVID-19 sebelum naik ke kapal, mungkin saat mereka ada di rumah atau ketika membeli kebutuhan bahan pokok di supermarket," sebutnya.

Simak juga video 'WHO Sebut Dunia Tengah Hadapi 'Pandemi Dua Jalur'':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2