Hamas-Israel Sepakat Gencatan Senjata, Ini Kata China

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 17:05 WIB
Palestinians wave green Hamas flags while celebrating the cease-fire agreement between Israel and Hamas in Gaza City, early Friday, May 21, 2021. (AP Photo/Adel Hana)
Ilustrasi -- Gencatan senjata antara Hamas dan Israel dirayakan oleh warga Palestina di Gaza (dok. AP Photo/Adel Hana)

China yang mengundang Palestina dan Israel untuk menggelar perundingan di wilayahnya, juga menggunakan konflik tersebut untuk menyerang Amerika Serikat (AS). Dengan tegas, China mengkritik AS yang berulang kali memblokir pernyataan gabungan Dewan Keamanan PBB soal konflik Palestina-Israel.

Zhao menambahkan bahwa China bersedia untuk bekerja bersama komunitas internasional dalam 'mendorong upaya meredakan ketegangan lebih lanjut untuk situasi Palestina-Israel'.

Konflik terbaru antara Palestina dan Israel menjadi topik yang memecah-belah di media sosial China, dengan adanya sejumlah besar sentimen Islamofobia dan anti-Palestina maupun simpati untuk warga Palestina.

Awal pekan ini, Kedutaan Besar Israel di Beijing mengecam televisi nasional China atas apa yang disebut sebagai 'anti-Semitisme terang-terangan' dalam sebuah laporan soal kebijakan AS selama pertempuran berlangsung.


(nvc/ita)