Kasus Harian Corona di India Menurun, Pakar Peringatkan Hanya Ilusi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 16:59 WIB
Jumlah kasus COVID-19 di India terus meroket hingga tembus angka 24 juta. Informasi yang salah mengenai virus Corona pun melonjak seiring dengan meningkatnya jumlah kematian akibat COVID-19
Situasi pandemi Corona di India (dok. AP Photo/Mahesh Kumar A)
New Delhi -

India melaporkan penurunan kasus virus Corona (COVID-19) di wilayahnya meskipun angka kematian harian masih di atas 4.000. Para pakar memperingatkan bahwa angka itu tidak bisa diandalkan karena kurangnya tes Corona di area pedesaan, yang kini menjadi lokasi penyebaran Corona dengan cepat.

Seperti dilansir Reuters, Senin (17/5/2021), selama berminggu-minggu, tidak ada negara lain yang dilanda pandemi Corona lebih parah dari India. Dengan varian baru Corona yang ditemukan di negara ini memicu lonjakan kasus hingga lebih dari 400.000 kasus dalam sehari.

Bahkan dengan penurunan yang terjadi beberapa hari terakhir, para pakar menyatakan tidak ada kepastian bahwa penularan sudah mencapai puncaknya. Kekhawatiran soal varian India yang disebut B1617, yang lebih mudah menular, semakin meningkat baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Masih ada banyak bagian negara ini yang belum mengalami puncak, angkanya masih terus naik," sebut kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Soumya Swaminathan, seperti dilansir surat kabar India.

Swaminathan menekankan angka positif nasional yang masih tinggi dan mengkhawatirkan, yakni sekitar 20 persen dari tes yang dilakukan, menjadi pertanda bahwa situasi lebih buruk masih bisa terjadi.

"Pelaksanaan tes masih belum memadai di sejumlah besar wilayah. Dan ketika Anda melihat angka tes positif tinggi, jelas kita tidak melakukan tes secara cukup. Dan angka absolut sebenarnya tidak berarti apa-apa jika dihitung sendiri; angka itu harus dihitung dalam konteks berapa banyak tes yang dilakukan dan angka tes positif," jelasnya.

Setelah mulai menurun pekan lalu, jumlah kasus harian Corona dalam 24 jam di India mencapai 281.386 kasus seperti dilaporkan Kementerian Kesehatan India pada Senin (17/5) waktu setempat. Jumlah itu menandai untuk pertama kalinya India mencatat kasus harian di bawah 300.000 sejak 21 April.

Lihat Video: Tumpukan Mayat di Sungai Gangga India Picu Kepanikan Warga

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2