Demonstran Pro-Israel dan Pendukung Palestina Bentrok di Kanada

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 10:52 WIB
Dukungan Warga Dunia untuk Palestina
aksi demo mendukung Palestina terjadi di banyak negara di dunia (Foto: AP/Dita Alangkara)
Jakarta -

Bentrokan terjadi antara para demonstran pro-Israel dan pro-Palestina di Montreal, Kanada. Polisi pun menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (17/5/2021), ratusan demonstran berkumpul di alun-alun pusat Montreal pada Minggu (16/5) waktu setempat untuk mengekspresikan solidaritas dengan Israel di tengah pertempuran sengit dengan kelompok Hamas yang terjadi di Gaza.

Aksi demo tersebut awalnya berlangsung damai. Namun, ketegangan kemudian terjadi dengan kedatangan para demonstran pro-Palestina. Bentrokan pun tak terhindarkan.

SPVM, kepolisian kota Montreal, menyatakan aksi protes itu "ilegal", dan regu polisi anti huru-hara turun tangan, menggunakan gas air mata untuk memisahkan dan membubarkan kedua kelompok tersebut.

Polisi Montreal menghabiskan sebagian besar sore hari untuk mengejar para pengunjuk rasa pro-Palestina, yang menyebar dan berkumpul kembali di jalan-jalan komersial di pusat kota, yang sering dikunjungi oleh banyak orang yang lewat.

Sebelumnya, beberapa ribu demonstran pro-Palestina berkumpul pada Sabtu (15/5) di Montreal tengah untuk mengecam apa yang mereka katakan sebagai penindasan Israel dan "kejahatan perang" yang dilakukan oleh Israel di Gaza.

Aksi protes pro-Palestina juga diadakan sepanjang hari Sabtu tersebut di beberapa kota lainnya di Kanada, termasuk Toronto, Ottawa dan Vancouver.

Selanjutnya
Halaman
1 2